dengan pemeriksaan kesehatan gratis ini harapannya petugas keamanan dan panitia pemilu bisa melaksanakan tugasnya dengan baik
Jakarta (ANTARA) - Lebih dari sepuluh petugas panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pemilu 2024, dan aparat kepolisian memeriksakan  kesehatan di gudang logistik PPK Duren Sawit di Gelanggang Remaja, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat.

Bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi personel keamanan yang bertugas di Pemilu 2024 baik dari unsur TNI-Polri, PPK, PPS, panwascam hingga saksi partai politik itu digelar Polres Metro Jakarta Timur.

Wakapolres Metro Jakarta Timur, AKBP Burhanuddin mengatakan dengan pemeriksaan kesehatan gratis ini harapannya petugas keamanan dan panitia pemilu bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Petugas kesehatan yang diterjunkan itu dari Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Metro Jakarta Timur dibantu tenaga medis dari kelurahan dan kecamatan Duren Sawit.

"Tadi petugas medis memeriksa petugas. Kalau ada penyakitnya, langsung diberikan obatnya. Semoga rangkaian pemilu bisa berjalan aman dan lancar sesuai ketentuan," kata Burhanuddin.

Pemeriksaan kesehatan itu untuk memastikan kondisi kesehatan personel TNI-Polri dan penyelenggara Pemilu agar tetap fit karena pada Jumat ini akan mulai dilakukan proses rekapitulasi surat suara dari ribuan TPS yang ada di Kecamatan Duren Sawit.

"Kesehatan yang diperiksa diantaranya tensi, batuk, demam, dan lainnya. Kalau ada gejala langsung diberi obat. Selain obat-obatan tadi juga kami berikan vitamin untuk petugas, agar staminanya tetap terjaga baik saat bekerja," katanya.

Selain di gudang logistik PPK Duren Sawit, Polres Metro Jaktim akan melakukan kegiatan serupa di kecamatan lain.

"Rencana selama satu pekan ke depan dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi petugas keamanan dan penyelenggara pemilu," ujarnya.
Wakapolres Metro Jaktim AKBP Burhanuddin saat meninjau pemeriksaan kesehatan gratis bagi petugas keamanan dan penyelenggara Pemilu 2024 di Logistik PPK Duren Sawit, Gelanggang Remaja, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (16/2/2024). ANTARA/Syaiful Hakim


Sementara itu, Ketua PPS Kelurahan Malaka Sari M. Soleh menyambut baik kegiatan yang diadakan Polres Metro Jakarta Timur tersebut.

Apalagi, saat ini penyelenggara pemilu sangat membutuhkan kondisi kesehatan yang prima di tengah kesibukan selama pelaksanaan pemilu hingga rekapitulasi suara.

"Kegiatan ini sungguh sangat membantu para penyelenggara pemilu, baik PPK dan PPS. Tadi saya dicek tensi, kolesterol dan asam urat. Setelah itu dikasih obat dan vitamin," katanya.

Di Gudang PPK Duren Sawit ini akan mulai dilakukan rekapitulasi surat suara dari seluruh TPS di Kecamatan Duren Sawit.

"Jadi, ini rekapitulasi dari masing-masing kelurahan. Di Kecamatan Duren Sawit ada tujuh kelurahan, yakni Pondok Kopi, Klender, Duren Sawit, Malaka Jaya, Malaka Sari, Pondok Bambu dan Pondok Kelapa," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024