Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar mewaspadai potensi banjir dampak hujan lebat yang terjadi di wilayah Sumatera Utara.

Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan Lestari Irene Purba di Medan, Jumat, mengatakan sebagian wilayah di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Baca juga: BMKG: Sejumlah provinsi di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat

Hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah pegunungan, pantai barat, dan Lereng Timur Sumatera Utara.

"Kondisi tersebut harus diwaspadai karena dapat menyebabkan banjir, tanah longsor, dan bencana hidrometeorologi lainnya," kata dia.

Ia menyebutkan secara umum cuaca di Sumatera Utara dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan.

Baca juga: BMKG: Waspadai cuaca ekstrem di pantai barat selatan Aceh

"Siang dan sore hari berawan dan hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara," ujarnya.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasudutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, dan Mandailing Natal.

Malam hari berawan dan hujan ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasudutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, dan Tapanuli Selatan.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian wilayah Jakarta hujan ringan pada Jumat pagi

Sementara suhu udara rata-rata 17-33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari barat laut-timur laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024