Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan fenomena peningkatan gempa guguran dan gempa tremor di Gunung Semeru diakibatkan adanya sumber magma pada kedalaman enam kilometer di tubuh gunung api tersebut.
 
"Apa yang sekarang terjadi gempa-gempa selama beberapa bulan bahkan beberapa minggu belakangan ini memang ada sumber magma pada kedalaman enam kilometer," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam konferensi pers yang dipantau di Jakarta, Jumat.
 
Hendra mengatakan fenomena awan panas sejauh 1.500 meter yang terjadi pada 9 Februari 2024 lalu, ditambah parameter yang semuanya positif, menandakan Gunung Semeru sedang tidak baik-baik saja.
 
Dia meminta masyarakat untuk mengantisipasi bila luncuran awan panas mencapai jarak yang jauh.
 
"Masyarakat di sekitar Gunung Semeru terutama ke arah Sungai Kobokan agar terus waspada dengan mengikuti perkembangan," kata Hendra.

Baca juga: Gunung Semeru erupsi empat kali dalam sehari

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru tak pengaruhi aktivitas warga untuk mencoblos
 
Lebih lanjut dia menuturkan bahwa teknologi mutakhir yang sekarang dipakai PVMBG membuat pihaknya bisa mengidentifikasi kedalaman dan gempa-gempa yang terekam serta potensi bahaya yang perlu diantisipasi ke depan.
 
Hendra meminta semua pemangku kepentingan untuk terus memantau perkembangan yang terjadi di Gunung Semeru.
 
Berdasarkan catatan PVMBG, Gunung Semeru merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia. Pada 2023 jumlah erupsi tercatat sebanyak 29.131 kali.
 
Gunung Semeru secara administrasi terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang di Provinsi Jawa Timur. Gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu memiliki tinggi puncak 3.676 meter di atas permukaan laut.
 
PVMBG terus memantau secara visual dan instrumental Gunung Semeru dari dua pos pengamatan gunung api yang berada di Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, serta di Desa Argosuko, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Baca juga: Gunung Semeru mengalami ratusan kali aktivitas kegempaan dalam sehari

Baca juga: BPBD Lumajang siapkan ribuan masker antisipasi abu erupsi Semeru

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024