Khan Yunis (ANTARA) - Tiga pasien di ruang ICU Rumah Sakit Nasser di Kota Khan Yunis, Gaza selatan, pada Jumat pagi meninggal akibat gangguan pasokan oksigen yang disebabkan pemadaman listrik di tengah pengepungan Israel terhadap rumah sakit tersebut, menurut sumber medis.

Menurut sejumlah laporan, dua pasien lainnya juga terpaksa melahirkan dalam kondisi yang tak manusiawi tanpa adanya jaringan listrik, air, makanan atau pemanas di rumah sakit tersebut.

Para sumber mengungkapkan bahwa bahan bakar yang hampir habis dan blokade pasukan Israel mengancam nyawa pasien dan anak-anak rentan di kompleks tersebut.

Pihak rumah sakit menyalahkan pendudukan Israel atas kesehatan pasien dan tim medis, mendesak semua lembaga internasional untuk segera campur tangan dan menyelamatkan orang-orang di kompleks medis tersebut.

Sebelumnya pada Kamis (15/2) pasukan pendudukan Israel memaksa otoritas Kompleks Medis Nasser untuk merelokasi 95 profesional kesehatan, 11 keluarga, 191 pasien dan 165 pengungsi ke Gedung Nasser yang lama, yang menempatkan mereka dalam situasi yang sulit dan menakutkan.

Sumber: WAFA

Baca juga: Mesir bangun tembok dekat Kota Rafah di Jalur Gaza
Baca juga: Seorang tewas akibat serangan Israel ke Rumah Sakit Nasser

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024