Berlin (ANTARA News) - Pelatih Pep Guardiola senang Bayern Munchen menang 4-0 dari Schalke 04 malam tadi sehingga juara Eropa itu menyamai pemuncak Bundesliga Borussia Dortmund.

Bayern memang tetap di peringkat kedua, namun mengemas poin sama dengan Dortmund karena selisih gol semata, usai menang di Gelsenkirchen.

Setelah enam laga, Bayern hanya kehilangan dua poin di bawah asuhan Guardiola, namun menikmati penguasaan bola 70 persen pada kebanyakan laga.

"Itu adalah penampilan terbaik kami sejauh ini di Bundesliga, kami sungguh dominan terhadap salah satu tim terbaik di Jerman itu," kata Guardiola yang timnya akan menjamu Hanover 96 pada putaran kedua Piala Jerman Rabu mendatang.

"Kami bermain sangat bagus selama 90 menit yang membuat saya senang. Di Jerman, Anda harus membatasi kemampuan lawan dalam melakukan serangan balik dan kami memotong peluang mereka dengan menguasai pertandingan."

Dengan mengenalkan formasi 4-1-4-1 sejak dia memanajeri Bayen Juni lalu, Guardiola telah mengubah formasi 4-2-3-1 yang justru telah membuat Bayern memenangi treble Piala Liga Champions, Piala Jerman dan juara liga, di bawah kepelatihan Jupp Heynckes musim lalu.

Bayern mendominasi lapangan tengah dengan kapten Philipp Lahm dan Bastian Schweinsteiger mengambil posisi gelandang bertahan.

"Kami masuk ke pertandingan dari menit pertama dengan pendekatan yang sangat serius, mentalitasnya ada di sana," kata Schweinsteiger seperti dikutip AFP. "Kami ingin meraih tiga poin, sehingga kami senang kami bisa melakukannya. Saat ini kami sangat bagus, namun kami masih memiliki banyak hal untuk dilakukan."

Bayern mengalahkan Schalke tanpa tiga gelandangnya, Javi Martinez, Mario Goetze dan Thiago Alcantara.

Bek tengah Jerome Boateng yang menjadi palang pintu dalam empat bek Bayern, mengatakan juara bertahan semakin kuat dalam pekan-pekan mendatang.

"Kami meningkat dari pertandingan ke pertandingan dan telah meningkat hari ini," kata Boateng yang menyisihkan saudaranya Kevin-Prince Boateng yang memperkuat Schalke.

Schweinsteiger yang memanfaatkan tendangan penjuru Arjen Robben menciptakan gol pertama pada menit 21. Lalu, 60 detik setelah itu, Mario Mandzukic mengkreasi gol kedua setelah mengonversi umpan David Alaba.  Setelah itu, Franck Ribery dan Claudio Pizarro masing-masing mencetak satu gol untuk memastikan kemenangan 4-0 Bayern.

Bayern telah melalui 31 pertandingan tanpa sekali pun kalah di Bundesliga dengan 26 menang dan lima kali seri, sejak kalah 2-1 dari Leverkusen pada Oktober 2012.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013