Mentok, Babel (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan.

"Setelah kemarin seluruh kotak suara dari tempat pemungutan suara selesai dikumpulkan di gudang logistik tingkat kecamatan, hari ini kita sudah mulai melakukan proses penghitungan suara di dua kecamatan, yaitu di Kecamatan Jebus dan Mentok," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Kadir Jailani di Mentok, Jumat.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan penghitungan suara tersebut dilakukan dua tim sekaligus untuk mempercepat proses penghitungan.

Proses rekapitulasi suara ini dimulai dari desa yang memiliki banyak TPS dan ditargetkan bisa selesai dalam lima hingga enam hari ke depan.

"Dalam proses ini, selain melakukan rekapitulasi manual, petugas sekaligus juga memasukkan data dalam aplikasi Sirekap," ujarnya.

Terkait dengan input data dalam aplikasi Sirekap, kata dia, sampai sejauh ini masih berjalan lancar, meskipun tidak bisa dilakukan dengan cepat karena kendala jaringan internet.

"Saat ini kami masih melakukan pemantauan di Kecamatan Jebus, kendala yang dihadapi kecepatan jaringan internet ini," ujarnya.

Meskipun demikian, pihaknya tetap optimistis kendala tersebut tidak akan mengganggu proses rekapitulasi karena untuk memasukkan data sudah disiapkan satu petugas khusus.

Ia berharap proses rekapitulasi bisa berjalan dengan baik, cermat dan sesuai aturan yang ada sehingga hasil sesuai dengan hasil penghitungan dari seluruh TPS.

Pada Pemilu 2024, di Kabupaten Bangka Barat terdapat 570 TPS yang tersebar di 60 desa dan enam kelurahan di enam kecamatan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024