Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Jakarta Utara menjual daging murah dalam Program Sembako Murah yang bertujuan untuk memenuhi sumber protein masyarakat di wilayah tersebut.

"Program Sembako Murah tidak hanya menyediakan paket sembako saja talu juga sumber protein hewani berupa daging ayam dan sapi," kata Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, Sembako Murah digelar di Kelurahan Tanjung Priok, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Kamis (15/2) disertai penjualan daging dari Perumda Dharma Jaya berupa daging ayam dan daging sapi yang dijual dengan selisih harga dengan harga pasar

"Ini merupakan program Pj Gubernur agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan mereka jelang Ramadhan," katanya.

Baca juga: DKI pertahankan pengendalian inflasi terbaik lewat sembako murah

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati memastikan komoditas sumber protein hewani ini akan selalu hadir pada lokasi Sembako Murah di setiap kelurahan di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

"Rata-rata setiap komoditas tersebut disediakan 500 kilogram," kata dia.

Menurut dia, hari ini Sembako Murah menyediakan 1.000 paket sembako. Sedangkan masing-masing komoditas sumber protein hewani ada 500 kilogram (kg).

"Kami selalu berkomunikasi terlebih dahulu dengan Wali Kota di DKI Jakarta soal potensi berapa jumlah warga yang sekiranya akan membeli, tapi selalu kita lebihkan agar tidak mengecewakan masyarakat,” kata dia.

Baca juga: Jakarta Utara gelar sembako murah untuk tekan inflasi jelang Ramadhan

Ia mengatakan, adanya tambahan komoditas sumber protein hewani dari Perumda Dharma Jaya dapat menjawab peningkatan kebutuhan pangan strategis masyarakat menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Harga komoditas itu dipastikan dijual di bawah harga pasar, yakni Rp24.900 per kilogram dan untuk daging sapi dijual Rp104.900 untuk satu kilogram daging sapi.

Ia mengatakan ini menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tentu kebutuhan pangan strategis masyarakat Jakarta meningkat.

"Inilah kemudian intervensi Pemprov DKI Jakarta salah satunya dengan sembako murah, dengan harga terjangkau,” katanya.


 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024