Jakarta (ANTARA) - Koleksi karya, alat musik, hingga kostum grup band God Bless dipajang dalam "Pameran Retrospektif God Bless 50th" yang diselenggarakan oleh Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya di Galeri Nasional Indonesia di Jakarta dari 17 Februari sampai 1 Maret 2024.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya Ahmad Mahendra dalam konferensi pers di Galeri Nasional Indonesia, Jumat, mengatakan bahwa God Bless merupakan legenda dan maestro di bidang musik yang patut diapresiasi.

"God Bless adalah simbol keberanian dan keteguhan dalam dunia musik. Mereka telah menginspirasi jutaan penggemar dengan musik mereka yang kuat dan penuh semangat," kata Ahmad.
 
Dia berharap para penggemar dan pencinta musik dapat mencermati proses evolusi setengah abad God Bless melalui pameran tersebut.

"Pameran Retrospektif God Bless 50th" menampilkan karya-karya lama hingga baru dari God Bless, termasuk di antaranya yang berbentuk kaset, cakram kompak, dan piringan hitam,
 
Diskografi album God Bless di "Pameran Retrospektif God Bless 50th" di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat (16/2/2024) (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Pameran yang berlangsung di Gedung A Galeri Nasional Indonesia dari 17 Februari sampai 1 Maret 2024 mulai pukul 09.30 sampai 20.00 WIB juga menampilkan barang-barang koleksi yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan God Bless.

Alat musik, peralatan rekaman, perlengkapan panggung, hingga kostum yang pernah dikenakan oleh anggota band dipajang di sana.

Baca juga: God Bless rilis video musik "Musisi" jelang Konser Emas 50 Tahun
 
Kostum personel God Bless yang pernah dipakai saat manggung di "Pameran Retrospektif God Bless 50th" di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat (16/2/2024) (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Vokalis God Bless Ahmad Albar berterima kasih kepada semua yang terlibat dalam penyelenggaraan pameran, dan bersyukur pemerintah memperhatikan band Indonesia.

"Saya bersyukur mereka punya perhatian khusus untuk musisi atau grup Indonesia, mudah-mudahan ke depannya akan lebih perhatian lagi. Semoga yang generasi muda dapat kesempatan seperti ini," katanya.

Ia juga tidak menyangka banyak barang-barang yang sudah lama tidak dia lihat dipajang dalam pameran, seperti mixer tua milik Ian Antono serta kostum-kostum saat mereka manggung.

Baca juga: God Bless bakal padukan musik rock dengan orkestra di konser 50 tahun
 
Alat musik personel God Bless di "Pameran Retrospektif God Bless 50th" di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat (16/2/2024) (ANTARA/Fitra Ashari)
 
"Pameran Retrospektif God Bless 50th" menggabungkan karya visual dengan teknologi, sehingga dapat memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung yang ingin mengetahui perkembangan industri musik Indonesia.

Melalui koleksi karya serta perlengkapan God Bless, pengunjung bisa menambah wawasan tentang evolusi dunia rekaman dan dunia panggung dalam lima dekade.
 
"Pameran ini adalah kesempatan langka untuk merayakan warisan musik rock di Indonesia. Kami akan menampilkan perjalanan cerita 50 tahun God Bless dengan cara dan gaya yang berbeda dari pameran-pameran yang pernah ada sebelumnya," kata Direktur Pameran Ezekiel Rangga.
 
Pengunjung bisa berkaraoke dan bernyanyi seperti Ahmad Albar di "Pameran Retrospektif God Bless 50th" di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat (16/2/2024). (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Pengunjung dapat menyaksikan "Pameran Retrospektif God Bless 50th" secara gratis. Pengunjung hanya perlu melakukan registrasi di gni.kemdikbud.go.id/kunjungi-kami dan memilih menu "Kunjungi Pameran".

Pameran dibuka setiap hari dari pukul 09.30 hingga 20.00 WIB. Periode kunjungan dibagi dalam enam sesi dan setiap sesi dibatasi untuk 150 orang pengunjung. Pengaturan itu diterapkan untuk memastikan kenyamanan pengunjung dan keamanan koleksi.

Di samping pameran, ada festival musik yang berlangsung dari 24 Februari hingga 1 Maret 2024. Band dan musisi seperti Idgitaf, Saint Loco, Ras Muhammad, dan The Sigit akan mempersembahkan tribute untuk God Bless dan pada penutupan festival God Bless akan tampil.

Baca juga: God Bless bernostalgia di Taman Ismail Marzuki
Baca juga: God Bless ingin lahirkan album baru di 2024

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024