Makassar (ANTARA) - Sebanyak 51 peserta dari Program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI magang di berbagai unit perusahaan milik Jusuf Kalla (JK) yang terpusat di Sulawesi Selatan.

Disa Rizky Novianty, selaku People & Culture Director KALLA melalui keterangannya di Makassar, Jumat, menyebut bahwa KALLA telah menyiapkan 17 project yang menantang dari para mentor untuk seluruh peserta Kampus Merdeka agar mereka berpeluang mendapatkan banyak ilmu dan jaringan profesional di KALLA.

"Kita berharap dengan adanya kesempatan ini bisa mengasah softskill dan hardskill jauh lebih baik lagi sehingga bisa mempelajari ritme dunia kerja dan bagaimana bisa survive untuk menghadapi dunia kerja,” ujarnya pada pembukaan Program Kalla Internship bersama Kampus Merdeka, melalui pertemuan secara hybrid di Makassar, Jumat.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dan online untuk menjangkau para peserta intern yang berada di luar kota. Program ini diikuti oleh 51 peserta magang dari 21 universitas yang akan berlangsung selama Februari-Juni 2024 tersebar di berbagai bisnis yang dimiliki KALLA.

Baca juga: Nadiem sebut PMM tingkatkan pemahaman soal kebinekaan Indonesia

Baca juga: Kemendikbudristek: 725.000 mahasiswa ikuti berbagai program MBKM


Program magang ini merupakan wujud kolaborasi KALLA bersama Kampus Merdeka dalam Kalla Internship Program selama Februari-Juni 2024.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Kampus Merdeka yang telah memilih magang di KALLA di antara perusahaan lainnya," ujarnya.

Nantinya, para peserta Kampus Merdeka akan mendapatkan mentor yang berasal dari internal KALLA, yang sebelumnya telah diseleksi dan berdasarkan dari program kerja yang telah diajukan.

Kolaborasi ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi “Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6” yang bertujuan mendorong mahasiswa mendapatkan informasi dan pengalaman yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Program kolaborasi Kalla Internship Program dan Kampus Merdeka berfokus pada pengembangan kapasitas mahasiswa magang yang terdiri dari soft maupun hard competency yang dibutuhkan pada dunia kerja. Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi competency gap yang terjadi di antara dunia kampus dan dunia kerja.

Sebelumnya, Kalla Internship Program bersama Kampus Merdeka sukses digelar pada periode Agustus - Desember 2023.

Peserta Kalla Internship program berasal dari 14 universitas di luar Kota Makassar terdiri dari Universitas Islam Malang, Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Del, Universitas Tadulako, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Brawijaya, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Lampung, Universitas Telkom dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Tujuh universitas yang berasal dari Makassar yaitu Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Bosowa, Institut Teknologi Bisnis Kalla, Politeknik Negera Ujung Pandang.*

Baca juga: Kemendikbudristek: Program PMM perkuat persatuan Indonesia

Baca juga: Anies: Kampus Merdeka bukan berarti “merdeka” naikkan biaya UKT

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024