“Ia benar, salah seorang anggota kita yaitu Ketua KPPS Gampong Kuta Bak Drien, saudara Syahrul Liswadi telah berpulang (meninggal dunia, red),”
Banda Aceh (ANTARA) - Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Gampong Kuta Bak Drien, Kecamatan Tangan - Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Syahrul Liswadi dilaporkan meninggal dunia diduga akibat kelelahan dalam menjalankan tugas.

“Ia benar, salah seorang anggota kita yaitu Ketua KPPS Gampong Kuta Bak Drien, saudara Syahrul Liswadi telah berpulang (meninggal dunia, red),” kata Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya Iswandi di Blangpidie, Jumat.

Ia mengatakan Syahrul Liswadi meninggal dunia pada Kamis (15/2) kemarin. Syahrul merupakan salah satu anggota KIP Abdya yang bertugas sebagai ketua KPPS di gampong atau desanya.

Menurut Iswandi, pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kematian Syahrul. Namun, pihaknya menduga Syahrul meninggal dunia akibat kelelahan dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pemilihan umum.

“Sebelumnya almarhum memang sudah sakit. Dua hari sebelum hari pemungutan dan perhitungan suara, almarhum sudah masuk ke salah satu rumah sakit di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Almarhum dikabarkan menderita sakit lambung,” katanya.

Meski dalam kondisi sakit, lanjut dia, Syahrul tetap bersemangat untuk menjalankan tugas sebagai ketua KPPS di desanya. Syahrul bahkan sempat mengikuti rapat koordinasi dengan KIP Abdya sehari sebelum hari pemungutan suara.

“Almarhum adalah sosok yang sangat berdedikasi dan bertanggung jawab. Ia tidak mau mengecewakan masyarakat dan KIP Abdya. Ia tetap berusaha untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, meski kondisinya tidak fit,” ujarnya.

Kata Iswandi, perwakilan KIP Abdya juga telah berkunjung ke rumah duka, serta turut memberikan santunan. KIP Abdya juga menyampaikan terima kasih kepada Syahrul atas pengabdian dan dedikasi sebagai penyelenggara pemilu.

“Kita dari KIP Abdya turut berduka cita atas meninggalnya salah satu saudara kita ketua KPPS Gampong Kuta Bak Drien. Semoga almarhum diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan,” katanya.

Kepala Desa Kuta Bak Drien, Kecamatan Tangan-Tangan, Abdya, Zulkifli mengatakan bahwa selain menjabat sebagai ketua KPPS, Syahrul juga tercatat sebagai sekretaris desa Kuat Bakdrien.

“Almarhum masuk rumah sakit sehari sebelum hari pencoblosan. Selain ketua KPPS, almarhum juga sebagai sekretaris Desa Kuta Bak Drien,” ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024