Jakarta (ANTARA) -
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Polisi 
Nicolas Ary Lilipaly pada Jumat menyambangi kawasan padat penduduk di Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) usai pencoblosan Pemilu 2024.
 
"Kegiatan yang kita laksanakan ini untuk meredam masyarakat, jangan sampai terpancing dengan situasi politik yang ada," kata Nicolas di Jalan Nirbaya Raya RT 10/RW 03 Kelurahan Pinang Ranti.

Situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Timur sampai saat ini masih aman terkendali. "Kita telah melaksanakan pesta demokrasi, tentu ada hal yang 'like and dislike'," katanya.
 
Menurut dia, memang ada sedikit informasi tentang suka atau tidak suka terhadap perhitungan cepat (quick count) hasil pemungutan suara, namun hal itu masih dalam koridor kamtibmas. "Kami sudah mengantisipasinya," katanya.

Baca juga: KPU Jaktim mulai rekapitulasi suara di tingkat kecamatan
Baca juga: KPU Jaktim pastikan tak ada KPPS yang sakit
 
Guna mencegah gangguan kamtibmas, Polres Metro Jakarta Timur juga meningkatkan patroli hingga ke kawasan kumuh atau "slum area" untuk menjaga situasi keamanan agar kondusif.
 
Pihaknya melakukan patroli dan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga situasi kamtibmas yang ada. Suka atau tidak suka, hasil yang ada nanti adalah suara rakyat.

"Kita harus menghargai dan jangan membuat perpecahan di antara kita," ujarnya.
 
Selain memberikan imbauan kamtibmas, Kapolres juga membagikan ratusan bungkus makanan kepada masyarakat.
Baca juga: Kepolisian periksa kesehatan panitia pemilu Mampang Prapatan

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024