Jakarta (ANTARA) - Maestro tari Didik Nini Thowok membagikan harapannya pada pegiat seni seperti selebritas yang nantinya terpilih dalam pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sejalan dengan profesinya saat ini, sang maestro tari berharap agar kandidat yang terpilih bisa memajukan seni budaya Indonesia.

"Saya sangat berharap mereka yang terpilih nantinya bisa memajukan seni budaya Indonesia," kata Didik kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Didik Nini Thowok meriahkan pagelaran tari di Kabupaten Kediri

Ia berharap rekan sejawatnya yang nanti akan terlibat dalam proses di pemerintahan bisa lebih mengoptimalkan program-program yang mendukung keberlanjutan seni budaya.

Seniman asal Temanggung, Jawa Tengah itu mencontohkan salah satu program yang telah berjalan baik untuk para pegiat seni budaya saat ini ialah Dana Abadi Indonesiana yang saat ini menjadi program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristekdikti).

Ia berharap program sejenis tidak terputus sehingga nantinya para pegiat seni di Tanah Air bisa lebih giat mengenalkan dan mendokumentasikan setiap seni budaya secara nasional.

Dengan demikian, dengan beragamnya seni dan budaya yang ada di Indonesia maka ilmu maupun informasi terkait seni budaya tersebut dapat terus dibagikan dari generasi ke generasi bahkan bila memungkinkan bisa dikenal hingga ke mancanegara.

"Karena tanpa dokumentasi tentunya seni itu tidak bisa diakses jadi generasi muda tidak bisa tahun kan tentang seberapa kaya dan hebatnya budaya kita," ujar Didik.

Pada Pemilu 2024 cukup banyak pegiat seni yang mencalonkan dirinya sebagai peserta Pemilu baik secara independen maupun melalui partai.

Beberapa publik figur yang menarik perhatian di antaranya ada Alfiansyah Komeng, Aldi Taher, Anang Hermansyah, Melly Goeslaw, Ahmad Dhani, Denny Cagus, Marcell Siahaan, Once Mekel, hingga Narji.

Beberapa nama lama yang juga pernah melaju di pemilu sebelumnya seperti Kris Dayanti, Rachel Maryam, hingga Junico Siahaan juga kembali hadir dalam Pemilu 2024.

Baca juga: Didik Nini Thowok sebut pameran foto ANTARA sebagai karya monumental

Baca juga: Didik Nini Thowok gandeng siswa difabel menari di Keraton Ratu Boko

Baca juga: Seniman Didik Nini Thowok ajak generasi muda cintai Museum Kretek

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024