Ini penerbangan kedua internasional dan itulah menghubungkan kota-kota lainnya bukan hanya Kuala Lumpur, tapi juga ke Madinah, Mekkah, China, Korea, karena semua terhubung dengan pembukaan penerbangan ini
Batam (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau membuka rute penerbangan internasional ke Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (17/2).

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Sabtu mengatakan rute Batam-Kuala Lumpur menggunakan maskapai Batik Air yang tersedia 3 kali dalam seminggu.

"Penerbangan ini tiga kali seminggu, baik dari Batam ke Kuala Lumpur dan sebaliknya. Kalau dari Batam setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu. Dari Kuala Lumpur hari Minggu, Rabu Jumat," ujar Pikri.

Ia menyebutkan pada penerbangan perdana ini, sebanyak 114 penumpang dari Kuala Lumpur sudah tiba di Batam.

Sementara untuk keberangkatan dari Batam ke Kuala Lumpur sebanyak 162 penumpang.

Menurut Pikri, rute Batam-Kuala Lumpur merupakan penerbangan internasional kedua yang dibuka pada 2024, setelah sebelumnya Bandara Internasional Hang Nadim sudah membuka rute Batam-Kunming, China.

"Ini penerbangan kedua internasional dan itulah menghubungkan kota-kota lainnya bukan hanya Kuala Lumpur, tapi juga ke Madinah, Mekkah, China, Korea, karena semua terhubung dengan pembukaan penerbangan ini," kata dia.

Sementara itu, Konsul Muda Pelancongan/Deputy Director Tourism Malaysia Medan Yusnita Yusof, menyebutkan dengan dibukanya penerbangan Batam-Kuala Lumpur merupakan bentuk kerja sama dalam upaya meningkatkan sasaran atau target kunjungan wisman di masing-masing negara.

Pihaknya menargetkan wisman asal Indonesia yang berkunjung ke Malaysia sebanyak 4 juta pengunjung pada 2024.

"Kami harap dengan adanya pembukaan ini dapat memenuhi sasaran tersebut. Malaysia targetkan 4 juta wisman Indonesia kesana," kata Yusnita.

Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam layani 54.339 penumpang saat libur Imlek

Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam inginkan setara dengan bandara tetangga

Baca juga: 133 penumpang penerbangan perdana dari China tiba di Batam

Baca juga: Hang Nadim Batam perluas layanan penerbangan ke Indonesia timur

 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024