beberapa kota yang akan terhubung dengan Bandara Internasional Hang Nadim seperti Balikpapan, Manado hingga Ambon
Batam (ANTARA) - Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, memperluas layanan penerbangan ke wilayah Indonesia timur pada tahun 2024.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Selasa, mengatakan beberapa kota yang akan terhubung dengan Bandara Internasional Hang Nadim seperti Balikpapan, Manado hingga Ambon.

Ia menyampaikan dengan memperluas penerbangan ke wilayah Indonesia timur, merupakan salah satu bentuk dukungan dalam meningkatkan pariwisata di dalam negeri.

"Jadi yang pertama kita buka destinasi di domestik menghubungkan seluruh bandara domestik dengan Bandara Hang Nadim sehingga bisa menjadi hub," ujar Pikri.

Ia menyebutkan saat ini Bandara Hang Nadim melayani penerbangan di 20 kota, dan menargetkan pada tahun 2024 menjadi 30 kota.

Menurut Pikri, sepanjang 2023, jumlah penumpang di Bandara Hang Nadim sudah mencapai 3,92 juta penumpang dengan pertumbuhan 13 persen dibandingkan tahun  2022.

Baca juga: Hang Nadim Batam layani 80 penerbangan pada momen Natal-Tahun Baru

Baca juga: Hang Nadim Batam tambah 7 jadwal penerbangan jelang libur akhir tahun


"Itu sudah menyamai tahun 2019 dan juga tahun depan kita target 4,4 juta. Saya kira ini capaian yang bagus untuk penumpang di Bandara Hang Nadim," ujar dia.

Selain itu, pada tanggal 16 Februari 2024, Bandara Hang Nadim membuka penerbangan dengan rute Batam-Kuala Lumpur dan Batam-Korea Selatan.

"Jadi ini kita internasional tanggal 16 Februari buka Kuala Lumpur dan juga nanti Korea dengan Jeju Air dalam waktu dekat," demikian Pikri.

Diberitakan sebelumnya, Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, melayani 80 penerbangan pada momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Corporate Communication & Stakeholder Relation PT Bandara Internasional Batam Muhammad Badrudin mengatakan puncak arus mudik Natal 2023-Tahun Baru 2024 mencapai 14.660 penumpang yang melalui Bandara Internasional Hang Nadim.

"H - 2 Natal 2023 merupakan puncak jumlah penumpang yaitu di angka 14.660 orang," kata Badrudin saat dihubungi di Batam.

Adapun penambahan penerbangan pada puncak arus mudik Natal 2023-Tahun Baru 2024 hingga empat penerbangan, yaitu dengan tujuan Batam-Pekanbaru dan sebaliknya, serta Batam-Jakarta dan sebaliknya.

Baca juga: PT BIB ajukan penerbangan ekstra antisipasi lonjakan penumpang natal

Baca juga: Manajemen Bandara Batam: Tak ada gangguan penerbangan akibat karhutla


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024