Jakarta (ANTARA) - Liverpool untuk sementara unggul lima poin di pucuk klasemen Liga Inggris, setelah membawa pulang kemenangan 4-1 dari markas Brentford pada pertandingan di Stadion Gtech Community, Brentford, Sabtu.

Pasukan Juergen Klopp sekarang mengoleksi 57 poin, atau unggul lima poin dari tim peringkat kedua dan ketiga, yakni Manchester City dan Arsenal, yang baru akan bermain pada Sabtu malam. Sedangkan bagi Brentford, kekalahan ke-13 di musim ini membuat mereka tertahan di posisi ke-14 dengan 25 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Peluang pertama dimiliki oleh tuan rumah ketika Neal Maupay menyodorkan umpan terobosan kepada Vitaly Janelt, namun tembakannya melebar. Setelah itu perlahan-lahan Liverpool mulai mengendalikan jalannya permainan, namun sepakan Conor Bradley masih dapat diredam Mark Flekken.

Meski kalah dalam penguasaan bola, bukan berarti Brentford hanya bertahan di belakang. Ivan Toney melepaskan sepakan kaki kiri yang tidak akurat, dan tendangan bebas Toney pada peluang berikutnya dapat ditangkap kiper Caoimhin Kelleher.

Liverpool harus kehilangan Curtis Jones akibat cedera dan digantikan oleh Ryan Gravenberch. Namun mereka kemudian mampu memecah kebuntuan justru saat Brentford mendapatkan hadiah tendangan bebas.

Bola tendangan bebas dapat dibuang ke depan oleh Ibrahima Konate, dan diteruskan sundulan Diogo Jota kepada Darwin Nunez. Penyerang Uruguay itu lantas melihat kiper Flekken bergerak maju untuk mempersempit ruang tembak, dan Nunez mencungkil bola melewati sang kiper untuk meluncur masuk ke gawang tuan rumah. Keunggulan 1-0 untuk Liverpool bertahan sampai turun minum.

Diaz menebar ancaman pertama Liverpool pada babak kedua, saat ia melepaskan tembakan melambung ke atas mistar gawang Brentford setelah meliuk-liuk menuju kotak penalti.

Namun gol kedua Liverpool tercipta pada menit ke-55. Ryan Granvenberch mengirim bola kepada pemain pengganti Mohamed Salah, yang diteruskan oleh Salah kepada Alexis Mac Allister. Pemain Argentina itu sedikit mengontrol bola, sebelum melepaskan sepakan masuk ke gawang tuan rumah.

Salah kemudian turut menuliskan namanya di papan skor pada menit ke-68. Diawali bola panjang dari kiper Kelleher, bola disundul Gakpo untuk dikejar Salah, yang mengatasi adangan Nathan Collins, untuk kemudian mengakhiri serangan dengan sepakan kaki kiri.

Brentford memperkecil ketertinggalan pada menit ke-74, ketika sepakan Reguillon ditahan Kelleher, namun bola pantul dengan cepat disambar Toney untuk bersarang ke gawang Liverpool. 3-1 untuk Liverpool.​​​​​​​

Liverpool masih mampu menambah pundi-pundi golnya pada menit ke-85. Joe Gomez membuang bola dari belakang, bola kemudian diterima Diaz yang diteruskan kepada Gakpo. Gakpo tidak menemui kesulitan untuk melepaskan sepakan ringan kaki kiri untuk menjadi gol keempat tim tamu.

Daftar susunan pemain:

Brentford: Mark Flekken, Nathan Collins, Kristoffer Ajer, Ben Mee, Mads Roerslev, Mathias Jensen, Christian Norgaard, Vitaly Janelt, Sergio Reguillon, Ivan Toney, Neal Maupay​​​​​​
Pelatih: Thomas Frank

Liverpool: Caoimhin Kelleher, Conor Bradley, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andrew Robertson, Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Curtis Jones, Diogo Jota, Darwin Nunez, Luis Diaz​​​​​​
Pelatih: Juergen Klopp

Baca juga: Man City vs Chelsea, Pochettino tak ragu mainkan taktik menyerang

Baca juga: Guardiola minta Man City fokus pada Chelsea

Baca juga: Jadwal Liga Inggris pekan ke-25: Man City ditantang Chelsea

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024