Jakarta (ANTARA) - Juara Australian Open Jannik Sinner melaju ke final Rotterdam Open dengan kemenangan 6-2, 6-4 atas petenis tuan rumah Tallon Griekspoor, memperpanjang catatan tak terkalahkan petenis Italia itu menjadi 14 pertandingan.

Sinner mengamankan tempat di final untuk berjumpa petenis Australia Alex de Minaur yang mengatakan ia memainkan salah satu pertandingan terbaiknya setelah mengalahkan petenis Bulgaria Grigor Dimitrov di semifinal.

"Senang rasanya bisa kembali lagi ke final," kata Sinner, seperti disiarkan AFP, Minggu.

Unggulan teratas itu akan naik ke peringkat tiga dunia, tertinggi selama kariernya jika ia mengangkat trofi di Rotterdam. Ia memulai pertandingan semifinal dengan baik, mematahkan servis Griekspoor pada gim pertama.

Griekspoor berharap bisa membalas kekalahan semifinal di turnamen kandangnya tahun lalu, juga di tangan Sinner.

Namun, petenis berusia 22 tahun itu memiliki konsistensi yang terlalu tinggi dibandingkan petenis Belanda yang belum pernah mengalahkan petenis lima besar itu dan menutup set pertama.

Sinner menyelamatkan dua break point di awal set kedua. Dia menyelamatkan dua servis lainnya pada servis gim berikutnya dengan pukulan ace, sementara Griekspoor melakukan banyak kesalahan.

Peluang yang terlewatkan tampaknya melemahkan semangat Griekspoor.

Sinner melakukan servis pada gim berikutnya untuk mengambil alih pertandingan dan mengatur pertemuannya dengan de Minaur, yang belum pernah mengalahkannya.

"Tidak masalah apa yang terjadi di masa lalu. Saya melihatnya bermain hari ini. Dia bermain sangat, sangat bagus. Saya harap saya juga bisa memainkan tenis yang bagus besok," ujar Sinner.

Baca juga: Sinner ke semifinal Rotterdam setelah lawannya mundur karena cedera

Sementara itu, De Minaur merayakan ulang tahunnya yang ke-25 dengan penuh gaya, melaju ke final dengan kemenangan straight set atas Dimitrov.

Kemenangan 6-4, 6-3 akan membawa De Minaur ke peringkat sembilan dunia, tertinggi selama kariernya dan untuk pertama kalinya ia masuk 10 besar.

Pertandingan itu merupakan balas dendam De Minaur ketika tahun lalu harus menghabiskan ulang tahun ke-24 di Rotterdam dengan kekalahan dari Dimitrov.

"Saya merasa luar biasa. Tahun ini adalah ulang tahun yang lebih baik dibandingkan tahun lalu," kata De Minaur.

"Grigor sangat berbakat, pemain yang bagus. Hari ini pada dasarnya saya harus tampil sempurna untuk bisa menang atas dia. Menuju final, hari-hari yang sangat membahagiakan."

"Saya pikir ini adalah pertandingan terbaik saya dalam tur," ujar De Minaur.

Baca juga: Rune dan Hurkacz telan kekalahan mengejutkan di Rotterdam
Baca juga: Nadal sebut Djokovic petenis terbaik sepanjang masa

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024