Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyebutkan tujuh daerah di wilayah Banten berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Minggu siang.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, di Serang, Minggu, mengatakan tujuh daerah di wilayah Banten berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari dengan suhu udara rata-rata 24-33 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 65-95 persen.
 
Selain itu, kata dia, angin bergerak dari arah barat laut hingga utara dengan kecepatan 5-20 kilometer per jam.
 
Ia mengatakan ketujuh wilayah Banten yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari terjadi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.
 
Sedangkan Kota Cilegon, kata dia, berawan hingga cerah dengan suhu udara 24-33 derajat Celcius dan tingkat kelembapan 60-90 persen. Namun pada pagi hari seluruh wilayah Banten berpotensi cerah hingga berawan.

Baca juga: BMKG peringatkan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Tanah Air
 
BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi di enam wilayah di Banten yaitu di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang.
 
Cuaca buruk berpotensi yang terjadi di enam daerah di wilayah Banten pada sore hari itu bisa menimbulkan bencana alam hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, pergerakan tanah, angin kencang, dan gelombang tinggi.
 
Selain itu BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, karena tinggi gelombang di perairan itu berkisar 1,25 - 2,50 meter di pesisir pantai di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.
 
Sementara itu penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung) relatif aman dan normal karena tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara mencapai 1,25 meter (sedang).

Baca juga: BMKG : Waspada enam daerah di Banten dilanda cuaca ekstrem

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024