Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan di sebagian wilayah Sumatera Utara dengan intensitas sedang hingga lebat yang diiringi petir dan angin kencang.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza, Minggu, mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara, terutama di wilayah pegunungan dan Lereng Barat.

"Atas kondisi tersebut masyarakat di wilayah pegunungan dan Lereng Barat diingatkan untuk waspada karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut dapat menyebabkan banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Defri.

Baca juga: BMKG peringatkan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Tanah Air

Ia mengatakan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan. Sementara siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Mandailing Natal dan sekitarnya


Sedangkan pada malam hari, lanjutnya, rata-rata berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara, sementara pada dini hari juga rata rata berawan.

Sementara suhu udara 17 – 33 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60 – 95 persen dan angin berhembus dari barat laut ke timur laut  dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG: Enam wilayah di Banten berpotensi hujan lebat pada Minggu sore
Baca juga: BMKG: Gempa guncang Jembrana Bali, geraran terasa hingga Banyuwangi
Baca juga: Gempa dangkal guncang Kabupaten Tapin Kalsel, tak berpotensi tsunami


Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024