Beijing (ANTARA) - Transaksi daring di China mengalami peningkatan yang kuat baik secara volume dan nilai saat liburan Festival Musim Semi yang baru saja berakhir, ungkap data dari lembaga kliring pembayaran daring China NetsUnion Clearing Corporation dan raksasa kartu pembayaran China UnionPay pada Minggu (18/2).

Kedua platform tersebut menangani rata-rata 2,63 miliar transaksi daring setiap harinya dari 9 hingga 17 Februari, naik 18,6 persen dari musim liburan Festival Musim Semi sebelumnya.

Nilai transaksi rata-rata harian yang terlibat naik sebesar 8 persen dari periode liburan sebelumnya menjadi 1,25 triliun yuan (1 yuan = Rp2.169) atau sekitar 176 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.606).

Didorong oleh lonjakan konsumsi selama liburan itu, pembayaran daring naik secara signifikan di berbagai sektor termasuk katering, akomodasi, pariwisata, retail, dan hiburan, ungkap data tersebut.

Tahun Baru Imlek atau Festival Musim Semi, merupakan perayaan terpenting di China yang tahun ini jatuh pada 10 Februari.

Biasanya perayaan tersebut merupakan periode untuk kegiatan konsumsi yang tinggi karena orang-orang pulang ke kampung halaman untuk reuni bersama keluarga atau bepergian ke sejumlah tujuan wisata populer untuk merayakan liburan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024