Saya bersama Kepala Disperindag Babel hari ini mengecek langsung penyebab kenaikan harga beras premium ini,
Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA meninjau stok beras premium di sejumlah gudang distributor dan pedagang di Kota Pangkalpinang untuk mengetahui penyebab kenaikan harga komoditas tersebut.

"Saya bersama Kepala Disperindag Babel hari ini mengecek langsung penyebab kenaikan harga beras premium ini," kata Safrizal ZA di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan peninjauan stok dan harga beras premium di sejumlah gudang distributor dan pedagang pasar tradisional dan modern ini sebagai langkah dan upaya pemerintah menangani kenaikan harga komoditas ini.

"Harga beras premium naik, apakah karena stok kurang atau permintaan masyarakat yang tinggi. Oleh karena itu, saya bersama Kadisperindag melakukan peninjauan langsung," ujarnya.

Baca juga: Legislator minta Food Station profesional sediakan stok beras premium

Ia menyatakan stok beras medium masih stabil, karena pasokan beras dari luar dan petani lokal yang berjalan dengan lancar.

"Beras premium ini 100 persen dipasok dari luar daerah, sehingga potensi kenaikan harga beras ini cukup tinggi jika terjadi kendala dalam pemasokan komoditas ini," katanya.

Baca juga: Bulog salurkan 200 ribu ton beras untuk tekan HET beras premium

Menurut dia apabila terjadi hambatan dalam pendistribusian beras premium ini, pemerintah daerah bisa mengintervensi untuk memperlancar penyaluran beras ini ke masyarakat.

"Saya bisa mengintervensi untuk distribusi, tetapi kalau stok tidak bisa diintervensi, karena ini bisnis to bisnis antara pedagang lokal dengan luar daerah," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024