Boci? Boci itu apa? Cireng itu apa itu?
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo terlihat kaget dan bingung setelah mendengar makanan boci dan cireng dari salah satu nasabah Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) yang menjual makanan tersebut.

Dalam kesempatan sebelumnya bertemu dengan nasabah PNM di Bekasi, Presiden Jokowi sempat dibingungkan dengan masakan khas Jawa Barat, yakni seblak.

"Saya kemarin baru tahu seblak itu apa. Sudah, di Bekasi sudah dikasih tahu, 'Pak seblak tuh ini...ini...ini. Oh iya tau. Hanya seblak saja (yang dijual)?" tanya Presiden Jokowi kepada salah satu nasabah PNM Mekaar di Tangerang Selatan, Senin.

Dalam sesi tanya jawab itu, nasabah bernama Ibu Alin, pun menjawab ia tidak hanya menjual seblak, tetapi juga boci atau bakso aci dan cireng (aci digoreng).

"Seblak sama boci. Boci cireng," jawab Alin.

Baca juga: Nasabah PNM Mekaar inspirasikan ide cemilan sehat

Baca juga: Mulai dari logam mulia hingga umrah, PNM beri apresiasi terhadap nasabah Mekaar

Baca juga: Nasabah Mekaar Ini Dipuji Jokowi Karena Disiplin Bayar Angsuran


Mendengar hal itu, Presiden Jokowi pun kembali bingung dan menanyakan apa itu makanan boci dan cireng.

"Boci? Boci itu apa? Cireng itu apa itu?" tanya Jokowi.

Alin pun menjelaskan bahwa cireng dibuat dari sagu yang diadonkan dengan air dan bumbu-bumbu, kemudian direbus dengan air. Ada juga jenis cireng aci yang digoreng kemudian dicampur dengan kuah.

Presiden Jokowi kemudian menanyakan omzet penjualan Alin per hari. Dalam sehari, Alin yang sudah berjualan selama empat tahun itu bisa mengumpulkan omzet hingga Rp650 ribu.

Presiden Jokowi menilai bahwa omzet yang didapat Alin termasuk tinggi. Apalagi, Alin juga berjualan daring dan luring, meskipun penjualan dari sistem daring hanya menyumbang 25 persen dari total penjualan.

Sebelum menghadiahkan satu unit sepeda untuk Alin, Presiden juga meminta Alin untuk membagikan tips berjualan agar dagangannya laku.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024