Sociedad akan menghukum setiap kesalahan lini pertahanan Los Blaugrana. Griezmann dan Castro pemain yang punya kecepatan. Pergerakan kedua pemain Sociedad ini bakal merepotkan full-bek Barcelona.
Barcelona (ANTARA News) - FC Barcelona bertubi-tubi tampil moncer dengan menjanjikan satu pakem kehidupan bahwa "jangan alergi dengan perbedaan", karena sepak bola menyeret dua tim yang saling berbeda untuk saling beradu guna beroleh kemenangan.

Dengan tangan terbuka senyum tersungging, Barcelona menyambut gembira tantangan Real Sociedad dalam laga La Liga jornada keenam yang digelar di Camp Nou, pada Rabu dini hari, pukul 01.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.

Sebagai tuan rumah yang baik, justru bermodalkan semangat menghormati perbedaan itulah, laga Barcelona kontra Real Sociedad menjanjikan menu pertandingan yang mengandalkan kecepatan dan ketangguhan dari masing-masing tim.

Real Sociedad yang berjuluk "Txuri-urdin" tidak berdompet tambun jika dibandingkan dengan "Los Blaugrana". Dana yang digelontorkan Sociedad ternyata hanya 10 persen dari keseluruhan dana yang dikonsumsi Barcelona.

Pelatih anyar Sociedad, Jagoba Arrasate masih berusia 35 tahun. Ia pernah menjadi asisten mantan manajer Sociedad, Philippe Montanier.

Montanier yang berkebangsaan Prancis sukses membawa Sociedad meraih peringkat keempat di kompetisi La Liga musim lalu.

Justru bermodal paham bahwa perbedaan itu indah, maka penampilan Sociedad menuai banyak pujian dari pecinta sepak bola, antara lain langit sepak bola Spanyol berhiaskan bintang gemintang dengan kehadiran tim asuhan Montanier.

Real Sociedad disebut-sebut menyuguhkan gaya sepak bola yang estetis, enak dipandang, "nikmat disantap" bagi indera mata dari mereka yang menyaksikan olah raga itu. Dan dewi Fortuna tak enggan menyambangi mereka.

Sukses Sociedad tidak jatuh dari langit. Rumusnya, pembinaan berjenjang yang mewujud dalam akademi sepak bola sebagai kawah canderadimuka bagi talenta-talenta muda.

Lahirlah gelandang cemerlang David Zurutuza. Di tengah hadangan kesulitan keuangan itulah, klub masih mampu memboyong pemain sekelas Carlos Vela.

Tanpa alasan yang tidak diketahui manajemen Sociedad, Montanier pulang ke Prancis untuk membesut Rennes. Akhirnya Arrasate dipromosikan sebagai pelatih.

Nah, kalau saja Barcelona mengalahkan Real Sociedad maka tim asuhan pelatih Tata Martino itu menorehkan tinta emas di buku sejarah Los Blaugrana sebagai tim yang memulai awal musim dengan mendulang enam kemenangan berturut-turut.

Capaian Martino itu jelas melampaui apa yang telah diraih pelatih Louis van Gaal ketika menukangi klub papan atas La Liga itu pada 1997/1998, Pep Guardiola (2009/10) dan Tito Vilanova musim yang lalu.

Martino membawa 19 pemain menghadapi Sociedad dengan memasukkan Sergio Busquets, sementara Cesc Fabregas diistirahatkan.

Dengan tujuan memberi kesempatan agar para pemainnya dapat tampil bugar, Martino bakal merotasi pemain. Langkah ini dinilai positif karena pelatih asal Argentina itu ingin agar balatentaranya dapat tampil lebih kompetitif, dengan target tambahan yakni menemukan komposisi "starting XI" yang ideal.

Rotasi memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para pemain untuk beradaptasi dengan strategi yang diterapkan oleh Martino, mengingat masih ada keraguan mengenai pola yang pas dengan Barcelona di musim ini.

Banyak pihak menyebut bahwa kemenangan Barcelona 4-0 di Rayo pada laga Sabtu lalu menyisakan tanya, bahwa "Los Blaugrana" tidak lagi mengandalkan penguasaan bola. Ini kemudian dibaca sebagai sebentuk ketidaksetiaan Barca atas tiki-taka.

Martino datang, dan ia mengusung kredo bahwa perbedaan sesungguhnya bunga-bunga di tengan taman kehidupan. Barca dikhawatirkan terancam lupa sejarah, dan Martino menjawab keraguan itu dengan mengukir kemenangan demi kemenangan. Efektivitas permainan Barca makin moncer di bawah asuhan pelatih Martino.

Alves, Busquets dan Iniesta akan kembali tampil mengisi posisi yang selaman ini dihuni oleh Montoya, Song dan Fabregas. Alexis akan diistirahatkan, sementara Neymar dan Messi berada dalam kondisi siap tempur, meski masih diliputi tanda tanya apakah pemain Brasil itu bakal diturunkan. Kalau demikian maka, lini depan Barca ditempati oleh Pedro, Messi dan Alexis.

Sociedad punya catatan lini belakang yang terbilang kokoh di ajang La Liga (dengan kemasukan tiga gol dalam lima pertandingan). Klub asuhan Arrasate ini bermasalah di lini depan untuk menghajar pertahanan lawan. Buktinya, mereka mengalami paceklik gol dalam tiga laga terakhir.

Musim lalu, Montanier memberi kejutan dengan membawa Sociedad ke babak penyisihan Liga Champions. Ia hengkang, dan tentunya Asier Illarramende pindah ke Real Madrid dengan bayaran 32 juta Euro.

Sociedad punya striker berusia 21 tahun, Haris Seferovic. Pemain asal Swis itu dibeli dari Fiorentina dengan harga 3 juta Euro. Dalam dua laga pertama, pemain ini mampu mencetak gol. Hanya saja ia belum mejaringkan gol lagi
dalam lima laga terakhir.

Komentar dua pelatih:

Gerardo Martino (Barcelona):
"Media massa cenderung menghakimi ia (Neymar) lantaran belum juga menambah pundi-pundi golnya, padahal ia telah tampil fantastis dengan membukukan empat assist di La Liga dan Liga Champions untuk gol-gol yang dilesakkan oleh Messi, Pique, Fabregas dan Rodriguez."

"Ia (Neymar) mampu beradaptasi dengan cepat dan saya sangat senang dengan apa yang telah ia lakukan selama ini. Jangan lupa bahwa baru saja melakoni musim kompetisi yang panjang dengan Piala Konfederasi. Perjalanan yang panjang membuat ia mengalami kelelahan. Kami amat puas dengan penampilan dia selama ini."

"Saya tidak menafikan debat, meski tim meraih sukses sekalipun. Debat bakal terus bergulir meski pelatih berasal dari Katalunya atau dari Belanda. Saya tidak ke sini untuk membuat perubahan, jika anda bertanya soal penguasaan bola, yang tahun lalu rata-rata mencapai 66 persen dan tahun ini mencapai 65,8 persen."

"Jika karena 0,2 persen itu anda mengajukan pertanyaan maka saya tidak keberatan. Dan jika karena kami memainkan umpan-umpan panjang, saya ingat bahwa Rafa Marquez telah menerapkan pola yang sama di klub ini juga."

J. Arrasate (Real Sociedad):
"Saya berharap tim mampu bekerjasama lebih padu. Messi pemain terbaik di dunia dan ia punya banyak senjata pamungkas. Menghentikan pergerakan dia menjadi salah satu alternatif."

"Kami memulai musim ini dengan baik. Sekarang kami berada di kondisi puncak. Kami senang dengan pola bertahan yang telah kami kembangkan selama ini. Saya yakin kami mampu melancarkan serangan bertubi-tubi. Mencetak gol  menjadi hal yang teramat sulit dalam sepak bola. Ini alasan mengapa para striker punya harga yang mahal."

"Jika anda duduk di Camp Nou, maka anda betah selama 90 menit. Kami harus menunjukkan kemampuan mengolah bola dengan sebaik mungkin. Kami tidak akan merasa bahwa kami bakal kalah, meski kami berhadapan dengan kesulitan. Kami terus berusaha semampu kami untuk meraih hasil maksimal."

Prakiraan susunan pemain:

FC Barcelona (4-3-3):
Valdés (penjaga gawang); Alves, Piqué, Mascherano, Adriano; Busquets, Xavi, Iniesta; Alexis, Messi, Pedro

Real Sociedad (4-2-3-1):
Bravo (penjaga gawang); Martinez, Gonzalez, Inigo, Angel; Pardo, Bergara; Vela, Prieto, Castro; Agirretxe
 

Warta kedua tim:

Real Sociedad:
* Real Sociedad mengalami krisis kepemimpinan setelah Montanier hengkang dari klub ini. Paceklik gol dialami karena ada krisis striker berkualitas. Penampilan klub ini terbilang heroik di musim lalu.
* Penampilan gelandang David Zurutuza dan Gorka Elustondo belum cemerlang benar. Arrasate menemui kesulitan dalam menentukan gelandang yang pas manakala menghadapi Barcelona. Apakah dia akan menurunkan pemain minim pengalaman seperti Javi Ros atau pilihan jatuh kepada Markel Bergara atau Ruben Pardo?
 
Barcelona:
* Carles Puyol sebagai bek tengah veteran tidak ambil bagian dalam pertandingan melawan Sociedad. Dengan Jordi Alba yang absen karena mengalami cedera, Martino akan melakukan perubahan dalam susunan pemain.
* Victor Valdez tidak lagi "mendua" hati. Kalau ia diturunkan, penampilannya relatif tenang karena telah menawarkan perpanjangan kontrak.
* Dani Alvez diharapkan kembali mengisi "starting XI", menggantikan full-bek Martin Montoya di lini bek kanan.
* Sergio Busquets akan menggantikan Alex Song sebagai gelandang jangkar. Busquets berbekal antusiasme terbukti mampu menjaringkan dua gol beberapa pekan lalu.
* Di lini depan, Messi menjadi panglima, mungkin tanpa Neymar.

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Barcelona imbang dengan RealSociedad (86,9 persen)
* Barcelona 3-1 Real Sociedad (14,15 persen)
* Barcelona 5-0 Real Sociedad (12,69 persen)
* Barcelona 3-0 Real Sociedad (11,49 persen)

Head to Head
La Liga
19 Jan 2013     Real Sociedad 3 - Barcelona 2     
20 Aug 2012     Barcelona 5 - Real Sociedad 1     
05 Feb 2012     Barcelona 2 - Real Sociedad 1     
10 Sep 2011     Real Sociedad 2 - Barcelona 2     
30 Apr 2011     Real Sociedad 2 - Barcelona 1     

Lima laga terakhir:     

Barcelona
21 Sep 2013    Rayo Vallecano 0 - Barcelona 4    LIGA
19 Sep 2013    Barcelona 4 - Ajax 0    UCL
14 Sep 2013    Barcelona 3 - Sevilla 2    LIGA
02 Sep 2013    Valencia 2 - Barcelona 3    LIGA
29 Aug 2013    Barcelona 0 - Atletico de Madrid 0    ESPS

Real Sociedad
21 Sep 2013    Real Sociedad 0 - Malaga 0    LIGA
18 Sep 2013    Real Sociedad 0 - Shakhtar 2    UCL
14 Sep 2013    Levante 0 - Real Sociedad 0    LIGA
01 Sep 2013    Real Sociedad 1 - Atletico de Madrid 2    LIGA
29 Aug2013    Real Sociedad 2 - O. Lyon 0    UCL

Narasi prediksi:
* Sociedad berjuang ekstra keras dapat mencetak gol. Setelah menjalani enam laga dalam seluruh kompetisi, produktivitas gol yang hanya empat gol bukan raihan yang membanggakan. Ini artinya ada 292 menit mereka tidak mencetak gol.
* Haris Seferović pemain bernomor punggung 21 yang telah mengemas 10 gol dalam 18 laga dari Serie B bersama Novara Calcio, ia menjadi andalan dari tim asuhan Arrasate. Pemain ini dikenal lebih dinamis dibandingkan dengan  Imanol Agirretxe.
* Jangan lupa bahwa Barca pernah kalah dari Sociedad musim lalu. Sociedad akan menghukum setiap kesalahan lini pertahanan Los Blaugrana. Griezmann dan Castro pemain yang punya kecepatan. Pergerakan kedua pemain Sociedad ini bakal merepotkan full-bek Barcelona.
* Martino tampil sangat gemilang dan kini ia merotasi pemain (Montoya, Bartra, Song). Bukan hala yang mengejutkan bila Neymar dibangkucadangkan. Ini demi transisi taktik yang sedang dilakukan di kubu Barcelona.

Prediksi editor Antaranews.com:
Barcelona: 3
Real Sociedad: 0  

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013