kami usulkan seluruh industri yang butuh gas itu bisa menikmati kebijakan HGBT
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menginginkan perluasan Program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) diberikan ke semua sektor industri untuk meningkatkan daya saing produk industri nasional.

“Saya sih minta perluasan, karena itu yang kita (Kementerian Perindustrian) inginkan, karena dari harga gas itu jadi kunci bagi daya saing produk industri kita,” ujar Agus Gumiwang kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Agus mengatakan, pihaknya mengusulkan perluasan Program HGBT ke seluruh sektor. Menurutnya, tujuh sektor penerima Program HGBT saat ini (pupuk, petrokimia, oleokimia, baja, keramik, gelas kaca, sarung tangan karet) merupakan strategi awal.

Baca juga: Menperin: Industri manufaktur tetap dominasi capaian ekspor nasional

“Karena pada dasarnya kan kenapa tujuh, itu strategi di awalnya. Tapi Kemenperin kan membina semua industri bukan cuma  tujuh sektor saja. Maka kami usulkan seluruh industri yang butuh gas itu bisa menikmati kebijakan HGBT, dan sudah kita hitung kebutuhan nasional cuma 30 persen dari total output dari gas nasional,” jelasnya.

Agus mengatakan, pihaknya tidak setuju apabila perluasan hanya diberikan kepada industri makanan dan minuman saja.

Dia mengatakan semua sektor industri membutuhkan gas sebagai bahan baku. Menurutnya, semua harus mendapatkan hak yang sama terhadap harga gas untuk produksi.

Baca juga: MoU standardisasi baterai motor listrik ditandatangani kuartal II

Baca juga: Menperin targetkan ekspor mobil tahun 2024 naik hingga 20 persen


 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga, Mentari Dwi Gayati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024