Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) berfokus untuk mengembangkan pebasket muda potensial dengan postur di atas 180 centimeter yang akan dilatih di Lithuania selama enam bulan.

Perbasi menggelar pencarian talenta basket di sejumlah kota di Indonesia dengan syarat tinggi minimal 180 centimeter.

“Yang perlu diperhatikan adalah, scouting ini bukan untuk membentuk Tim Nasional. Scouting ini untuk mencari pemain potensial bertinggi minimal 180 cm yang kemudian dikirim untuk berlatih ke Lithuania,” kata Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Saat pelaksanaan pencarian talenta Indonesia Patriots di DKI Jakarta, sebanyak 60 peserta ambil bagian dengan didominasi tinggi badan 180 cm hingga 190 cm. Sebanyak enam peserta tinggi antara 190 cm hingga 195 cm, dan dua pemain memiliki tinggi di atas 195 cm.

Perbasi kemudian melakukan hal yang sama di Kota Makassar, Tangerang, hingga mencapai total 11 daerah di Indonesia.

Baca juga: Perbasi buka kesempatan 100 pebasket muda berlatih di Lithuania

Danny berharap dari pencarian talenta basket di 11 daerah diharapkan mendapatkan pemain dengan tinggi minimal 180 cm sebanyak 100 pemain. Mereka kemudian akan dikumpulkan di Surabaya untuk diseleksi langsung oleh pelatih asal Lithuania pada 4 hingga 6 Maret 2024.

Dari seleksi langsung oleh pelatih asal Lithuania ini, diharapkan mendapatkan 15 pemain potensial. Mereka kemudian akan diterbangkan ke Lithuania untuk berlatih kurang lebih selama 6 bulan.

“Semua biaya selama di Lithuania menjadi tanggungan PP Perbasi. Bahkan selama seleksi di Surabaya, bagi 100 peserta yang seleksi, mendapatkan fasilitas akomodasi gratis,” ujar Danny.

Dari pencarian talenta di 11 daerah tersebut, sebanyak 100 pemain akan diumumkan pada awal Maret mendatang, menjelang seleksi 100 pemain dengan tinggi minimal 180 cm di Surabaya.

“Bagi pemain yang memiliki tinggi di bawah 180 cm bukan tertutup peluangnya menjadi pemain basket. Mereka bisa mencoba peruntungan saat PP Perbasi menggelar seleksi pembentukan Tim Nasional. Terdekat kami akan siapkan timnas untuk hadapi SEABA dan Piala Asia U-18,” kata Danny.

Baca juga: Di kualifikasi FIBA Asia Cup, Indonesia beri jam terbang pemain muda
Baca juga: Perbasi gandeng Unesa perkuat SDM bola basket dengan keilmuan

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024