Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR RI Yoseph Umar Hadi mengatakan Indonesia saat ini dapat dikatakan dalam keadaan darurat tata ruang sehingga berdampak kepada beragam hal seperti pemenuhan jumlah perumahan yang dibutuhkan.

"Negara kita dalam keadaan darurat tata ruang," kata Yoseph Umar Hadi dalam diskusi "Penyediaan Tanah untuk Perumahan Rakyat Tanggung Jawab Siapa?" di Jakarta, Selasa.

Menurut Yoseph, kondisi darurat tata ruang itu perlu diperhatikan karena hal tersebut dinilai merupakan basis dari semua pembangunan termasuk sektor properti atau perumahan.

Ia mengingatkan bahwa pemerintah saat ini tidak pernah bisa menyediakan lahan yang dibutuhkan guna membangun berbagai basis perumahan seperti rumah susun khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

"Kalau tata ruang belum selesai sampai tahap zonasi, mana mungkin kita bisa mengatasi permasalahan perumahan menjadi solusi yang berkelanjutan," kata Yoseph.

Menurut dia, saat ini jenis perumahan yang paling pas untuk dibangun adalah rumah susun di tengah kota yang mampu mendekatkan kaum pekerja dengan tempat kerja.

Selain itu, kedekatan antara rumah seseorang dengan tempat kerja mereka juga dinilai dapat menghemat BBM yang digunakan karena kedekatan antara kedua lokasi tersebut.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013