Tiket kereta api keberangkatan dari Daop 9 Jember setiap hari sebanyak 7.412 tiket....
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, menyediakan sebanyak 7.412 tiket kereta api setiap hari selama masa angkutan Lebaran 2024.

"Tiket kereta api keberangkatan dari Daop 9 Jember setiap hari sebanyak 7.412 tiket yakni sebanyak 3.052 tiket kereta lokal KA Pandanwangi dan 4.360 tiket sisanya KA jarak jauh," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Selasa.

KAI membuka penjualan tiket kereta api pada periode angkutan Lebaran 2024 mulai 15 Februari 2024 atau H-45 untuk keberangkatan pada 31 Maret 2024 atau H-10 Lebaran. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

Baca juga: KAI Sumut sudah melayani penjualan tiket angkutan Lebaran 2024

Ia mengingatkan pelanggan agar teliti pada saat melakukan pemesanan, mulai dari memilih tanggal keberangkatan, menentukan relasi, dan memasukkan data diri.

"Rencanakan perjalanan sebaik mungkin, termasuk memperkirakan waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," tuturnya.

KA jarak jauh keberangkatan Daop 9 Jember yang pemesanan tiketnya bisa dilakukan saat ini di antaranya KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, KA Blambangan Ekspres, KA Pandalungan, KA Logawa, KA Sritanjung, KA Tawangalun dan KA Probowangi.

Untuk KA lokal Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi, pemesanan tiket dapat diakses pada H-7 sebelum keberangkatan.

Cahyo menjelaskan KAI kembali menghadirkan inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan pada angkutan Lebaran 2024 dengan menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.

"Sistem antrean itu diberlakukan pada aplikasi Access by KAI dan web kai.id dengan tujuan agar para pelanggan yang akan memesan tiket mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat puncak keramaian (peak season) seperti musim Lebaran atau Natal dan Tahun Baru," katanya.

Baca juga: KAI terapkan sistem antre pembelian tiket secara daring untuk Lebaran

Pada saat peak season, lanjut dua, terjadi kepadatan pemesanan tiket maka calon penumpang akan diarahkan kepada sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu. Calon penumpang disarankan untuk tidak menutup aplikasi Access by KAI tersebut agar tetap terhubung dengan sistem.

Selanjutnya pada saat gilirannya, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa.

"KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan sebaik mungkin pada periode Lebaran 2024 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024