Tanggal keberangkatan yang paling banyak dipesan masyarakat untuk mudik pada angkutan Lebaran adalah 5-11 April 2024
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 46 persen dari total 192.808 tiket kereta api, yang disediakan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024 di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, sudah terjual.

"Sebanyak 89.272 tiket kereta telah dipesan atau terjual selama 22 hari masa angkutan Lebaran dari 31 Maret sampai 21 April 2024 untuk beberapa perjalanan KA di Daop 9 Jember," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Jatim, Jumat.

Menurutnya, jumlah pemesanan tiket kereta api di wilayah Daop 9 Jember terus meningkat menjelang di mulainya masa angkutan Lebaran 2024.

"Bagi masyarakat yang berencana melakukan perjalanan mudik dengan kereta api pada libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah masih terdapat 103.366 tempat duduk ke berbagai kota tujuan yang dapat dipesan," tuturnya.

Dari total tempat duduk yang masih bisa dipesan itu termasuk KA tambahan relasi Ketapang-Jember.

"Kereta api yang banyak diminati selama masa angkutan Lebaran 2024 di antaranya KA Probowangi tujuan Surabaya Gubeng, KA Sritanjung tujuan Lempuyangan dan KA Tawangalun tujuan Malang," katanya.

Selain itu, untuk KA kelas komersial seperti KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, KA Blambangan Ekspres, KA Pandalungan, KA Logawa termasuk KA Mutiara Timur tiketnya masih cukup tersedia.

"Tanggal keberangkatan yang paling banyak dipesan masyarakat untuk mudik pada angkutan Lebaran adalah 5-11 April 2024, sedangkan untuk arus balik paling banyak diminati pada 12-15 April 2024," ujarnya.

Pada angkutan Lebaran 2024, lanjut dia, KAI Daop 9 Jember mengoperasikan 24 perjalanan kereta api dari yang sebelumnya hanya 20 perjalanan kereta api pada Lebaran 2023.

Tambahan perjalanan itu antara lain KA Mutiara Timur relasi Ketapang–Surabaya Pasar Turi PP dan KA Tambahan Ketapang-Jember PP untuk mengantisipasi meningkatnya penumpang lokal antara Jember dan Banyuwangi.

"Juga untuk memberi kemudahan angkutan lanjutan bagi penumpang KA Pandalungan relasi Jakarta-Jember yang ingin melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi," katanya.

Apabila tiket KA pada tanggal favorit sudah tidak tersedia, maka calon penumpang dapat memilih alternatif tanggal atau KA lainnya atau menggunakan fitur connecting train yang tersedia di aplikasi Access by KAI.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik pada Lebaran 2024, kami mengimbau untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket kereta," ujarnya.

Cahyo menjelaskan KAI berkomitmen untuk menyediakan transportasi yang selamat, aman, dan nyaman selama Lebaran 2024.

Baca juga: 72 armada kereta di Daop Jember siap layani pemudik Lebaran 2024
Baca juga: KAI Jember menyediakan 420 tiket promo saat angkutan Lebaran
Baca juga: KAI lakukan inspeksi pastikan kesiapan angkutan Lebaran di Jember

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024