Dari 56.124 tempat duduk yang disediakan, saat ini sudah terjual sebanyak 93 persen
Palembang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) III Palembang menambahkan sebanyak 3.896 tiket atau ketersediaan tempat duduk guna mengatasi lonjakan jumlah penumpang saat arus mudik Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah.

Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Sumatera Selatan, Senin, mengatakan tingginya minat masyarakat untuk mudik naik kereta, sehingga ketersediaan tiket masa angkutan lebaran yang dijual sejak 15 Februari lalu telah habis terjual.

Oleh sebab itu, PT KAI menambah 3.896 tempat duduk di rangkaian KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) dari tanggal 31 Maret sampai dengan 21 April 2024 dan KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang dari tanggal 3 April sampai dengan 18 April 2024, total ketersediaan tempat duduk dari 52.228 menjadi 56.124 tempat duduk.

"Dari 56.124 tempat duduk yang disediakan, saat ini sudah terjual sebanyak 93 persen, untuk KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) sudah terjual habis sampai tanggal 21 April 2024, sedangkan untuk KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) masih banyak tersedia di tanggal tertentu, dapat dilihat di aplikasi Access by KAI ataupun website PT KAI," jelasnya.

Baca juga: KAI Properti ekspansi bisnis ke Palembang

Baca juga: KAI Palembang: Layanan kereta batu bara sudah kembali normal


Selain itu, untuk program mudik gratis kerja sama PT KAI bersama Dishub Provinsi Sumatera Selatan dan Bank Sumsel Babel bagi masyarakat keberangkatan tanggal 9 April 2024, dengan KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau dan KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang akan diberangkatkan dari Stasiun Kertapati untuk KA Ekspres Rajabasa pukul 08.30 WIB dan KA Bukit Serelo pukul 09.00 WIB.

Dalam program mudik gratis ini tempat duduk yang tersedia di KA Bukit Serelo dan KA Ekspres Rajabasa masing-masing sebanyak 530 tempat duduk, sehingga secara total untuk mudik gratis menggunakan kereta api tanggal 9 April 2024 nanti ada 1.060 tempat duduk.

Hingga saat ini untuk KA Rajabasa Tujuan Kertapati-Tanjung Karang sudah ada 315 penumpang dan untuk KA Serelo Tujuan Kertapati-Lubuklinggau sudah ada 343 penumpang yang mendaftar.

"Kami mengingatkan kepada calon penumpang agar tidak membawa barang yang berlebihan, serta menjaga barang bawaan agar jangan sampai tertinggal di ruang tunggu stasiun ataupun di dalam kereta," katanya

​​​​​​Ia berharap masyarakat yang akan menggunakan moda kereta api untuk berhati-hati dan mematuhi syarat-syarat perjalanan yang telah ditetapkan.

"Seperti tidak merokok dalam kereta, agar mudik ini menjadi mudik yang ceria dan penuh makna," kata Aida.

Baca juga: KAI: Jalur kereta Gunung Megang-Penanggiran kembali normal

Baca juga: KAI pindahkan penumpang dampak ambruk proyek jalan layang Muara Enim

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024