Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk mengembangkan Koperasi Olahraga Indonesia Jaya (KIOJI).

Ketum KONI Pusat Marciano Norman mengatakan kerja sama ini nantinya juga akan mengembangkan pemanfaatan jasa layanan perbankan untuk pengembangan industri olahraga.

"KONI Pusat telah mengembangkan Koperasi Olahraga Jaya Indonesia (KIOJI) yang mana didukung Bank Mandiri pada kerja sama ini. KIOJI adalah wadah bagi pegiat industri olahraga khususnya UMKM dalam negeri untuk bisa mendapatkan kesempatan lebih," kata Ketum KONI Pusat Marciano Norman dikutip dari keterangan resmi KONI, Selasa.

KIOJI yang dicanangkan sejak 13 September 2022 lalu kini telah menaungi lebih dari 1.000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) olahraga di seluruh tanah air.

"Pengembangan KIOJI yang menaungi lebih dari 1.000 UMKM olahraga di Tanah Air adalah bagian kerja sama KONI Pusat dengan Kementerian Koperasi dan UMKM pada 13 September 2022. Kita berharap UMKM dalam negeri dapat berkompetisi dengan berbagai merek kelas dunia ke depan, hal tersebut dapat terwujud dengan dukungan pembiayaan Bank Mandiri kepada UMKM olahraga," ujar Marciano.

Selain mewadahi UMKM yang menyajikan perlengkapan dan peralatan olahraga, KIOJI kini telah bergerak ke layanan jasa kesehatan, kebugaran dan ritel. Ke depannya, KIOJI akan memberikan pelayanan jasa pelatih olahraga yang dapat diakses oleh umum.

Baca juga: Menkop sebut transaksi daring produk pangan hingga olahraga meningkat


Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan kerja sama ini turut membuktikan komitmen Bank Mandiri untuk menjadi mitra strategis KONI dalam mengelola keuangan dan mendukung industri olahraga nasional. Melalui kemitraan ini, Bank Mandiri akan mendorong penggunaan transaksi non tunai di semua unit bisnis KONI, yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Layanan ini akan didukung oleh ekosistem transaksi digital yang terintegrasi, yang mempermudah dan mempercepat proses transaksi dengan kehadiran Super App Livin’ dan Super Platform Kopra by Mandiri,” kata Rohan Hafas.

Tak hanya itu, Rohan menambahkan Bank Mandiri juga akan memberikan layanan perbankan kepada mitra KONI, seperti QRIS, EDC, Livin Sukha, Livin Merchant, dan juga kerjasama pembiayaan dengan Koperasi Olahraga Jaya Indonesia (KIOJI). Dalam kerjasama kali ini, Bank Mandiri dan KONI juga meluncurkan e-money edisi khusus KONI, yang dapat dibeli oleh masyarakat melalui Livin’ secara mudah.

“Dengan adanya kerjasama ini, kami berharap dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi KONI dalam melakukan pembayaran. Baik atlet maupun pelatih KONI akan dapat menikmati layanan ini untuk keperluan operasional mereka,” tambah Rohan.


Baca juga: Koperasi Saudagar Minang investasi Rp3 miliar bangun sarana olahraga

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024