Jakarta (ANTARA) -
Legenda olahraga bola basket Indonesia, Ali "Jordan" Budimansyah mendukung program Indonesia Patriots gagasan dari Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) untuk pengembangan lebih baik ke depan.
 
Ali menjelaskan, pada dasarnya program itu bertujuan baik untuk mengembangkan olahraga basket dalam negeri, sehingga bisa meningkatkan level permainan di taraf internasional.
 
"Buat saya, program Indonesia Patriot harus didukung, tetapi yang menjadi kendala adalah arahnya kemana program yang sekarang," kata Ali kepada ANTARA melalui telepon di Jakarta, Selasa.
 
Menurut dia, jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari program itu, maka Perbasi harus menunjuk orang yang benar-benar paham untuk menyukseskan langkah pembinaan tersebut menuju target utama yang ingin dicapai.
 
Meski tidak mengetahui lebih banyak tentang agenda apa saja yang ada di dalam program Indonesia Patriots, dia meyakini program itu akan sukses bila sumber daya yang menjalankannya memiliki pemahaman menyeluruh terkait olahraga basket.
 
Dia mengingatkan, pada saat Tim Nasional Basket Putra Indonesia memenangkan medali emas di SEA Games Vietnam 2021, tidak banyak jebolan program itu yang dipanggil ke dalam skuad.
 
Fakta itu, tambah Ali, menunjukkan bahwa program Indonesia Patriots belum berkontribusi banyak untuk meningkatkan prestasi basket Indonesia, meski sudah berjalan lebih dari tiga tahun.
 
"Bagi saya, kalau ada 6 pemain Indonesia Patriots di Timnas SEA Games Vietnam kemarin, itu baru berhasil program tersebut," ujar legenda yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia di ajang Asia All Star 1998.

Baca juga: Perbasi tempuh regenerasi pemain untuk Timnas 3x3
 
 
Perbasi menjalin kerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania (LTU Basketball) untuk mengembangkan olahraga bola basket tanah air di beberapa aspek, khususnya kepada pemain muda.
 
Kerja sama yang dijalin pada akhir Oktober 2023, memungkinkan LTU Basketball untuk memberikan berbagai pengalaman, pengetahuan, dan manajemen pengembangan olahraga basket kepada Indonesia. Bahkan, pemain Indonesia yang terpilih melalui seleksi akan dikirim ke negara di wilayah Eropa Utara tersebut.
 
Sementara itu, Lithuania adalah salah satu kekuatan besar bola basket dunia. Selain memasok pebasket-pebasket tangguh untuk NBA, Lithuania juga pernah mendapatkan tiga medali Olimpiade, tiga kali juara Eropa, dan pada Piala Dunia FIBA 2023 finis urutan keenam.


Baca juga: Perbasi kirim bakat-bakat muda bertinggi minimal 180 cm ke Lithuania

Baca juga: Perbasi kembangkan pebasket muda potensial berpostur lebih dari 180 cm

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024