Saya bangga dan berterima kasih karena menurut saya PJT I telah mulai mengimplementasikan Smart Water Management dalam transformasinya. Saya juga titip kepada PJT I untuk selalu mengutamakan aspek operasi dan pemeliharaan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berpesan kepada Perum Jasa Tirta (PJT) I untuk terus mengembangkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan pengelolaan sumber daya air, salah satunya dengan implementasi Smart Water Management.

"Saya bangga dan berterima kasih karena menurut saya PJT I telah mulai mengimplementasikan Smart Water Management dalam transformasinya. Saya juga titip kepada PJT I untuk selalu mengutamakan aspek operasi dan pemeliharaan," ujar Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Selain itu, Menteri Basuki juga mengapresiasi PJT I yang telah mengembangkan potensi sumber daya air untuk mendukung proses transisi energi. Salah satunya melalui kerja sama dengan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) dalam pembangunan PLTS Terapung di Waduk Sutami, Kabupaten Malang.

Basuki menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Perum Jasa Tirta (PJT) I yang dengan spirit Brantas-nya telah membawa PJT I menjadi pengelola sumber daya air yang terkemuka dan menjadi contoh bukan hanya di Indonesia tapi juga di regional ASEAN.

"Spirit Brantas adalah sikap pantang menyerah untuk mengelola sumber daya air dengan baik. Semangat tersebut yang mendasari kepercayaan Pemerintah kepada PJT I dengan penambahan wilayah kerja, bukan hanya di Sungai Brantas, tetapi juga di Sungai Bengawan Solo, Toba Asahan, Serayu Bogowonto, dan Jratunseluna," katanya.

Smart Water Management menggunakan data terkini (real time) sehingga memudahkan untuk mengukur kuantitas, kualitas, efisiensi penggunaan air.

Kemudian Smart Water Management juga memudahkan pemantauan keamanan infrastruktur sumber daya air, penanganan risiko bencana alam yang berkaitan dengan air, seperti banjir dan kekeringan.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Fahmi Hidayat mengatakan Perum Jasa Tirta I siap bertransformasi untuk mengelola sumber daya air yang lebih berkualitas, demi meningkatkan akses masyarakat terhadap air.

"Kami berharap tetap dapat mendapat binaan dan dukungan dari Kementerian PUPR agar Perum Jasa Tirta I bisa menjadi lebih baik dan lebih berkembang dalam pelaksanaan tugas yang diamanahkan Pemerintah," kata Fahmi.

Baca juga: Menteri PUPR berharap pemimpin baru tingkatkan infrastruktur air

Baca juga: Menteri PUPR: Inpres air minum manfaatkan instalasi pengolahan air

Baca juga: Menteri PUPR: Hasil Dialog tentang Air dukung Indonesia Emas 2045


 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024