Yang perlu diwaspadai ini tanggal 24 sampai 26 (Februari) nanti karena ada peningkatan curah hujan
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai dampak dari hujan deras di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai 24 Februari hingga 26 Februari 2024.

"Yang perlu diwaspadai ini tanggal 24 sampai 26 (Februari) nanti karena ada peningkatan curah hujan," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Sti Nenotek dari Bali, Rabu.

BMKG memprakirakan adanya peningkatan intensitas curah hujan dari keadaan normal untuk seluruh wilayah NTT mulai tanggal 24 sampai 26 Februari 2024 dengan intensitas sedang hingga lebat. Kondisi itu juga disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di seluruh wilayah NTT.

Sti Nenotek mengatakan kondisi itu disebabkan adanya daerah tekanan rendah (eks Siklon Tropis Lincoln) di Australia bagian utara yang diprakirakan akan bergerak ke arah barat. Akibat pergerakan itu, kata dia, ada peningkatan pertumbuhan awan dan curah hujan di wilayah NTT.

Baca juga: BMKG: 14 daerah berstatus waspada dampak hujan di Indonesia

"Untuk itu masyarakat harus waspada cuaca ekstrem ini," ucapnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak dari hujan dan angin kencang seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Warga yang bermukim di daerah dengan topografi terjal atau curam juga disarankan, kata dia, untuk melakukan evakuasi mandiri apabila terjadi hujan dengan durasi panjang dan jarak pandang mulai berkurang.

"Waspada longsor dan banjir bandang jika hujan durasi panjang," kata Sti Nenotek.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan deras selama tiga hari ke depan di Aceh

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024