Tokyo (ANTARA News) - Juru bicara pemerintah Jepang, Kamis, membela pidato perdana menteri yang membandingkan karir tokoh fiksi dalam film "Wall Street" (Gordon Gekko) dengan kebangkitan ekonomi Jepang.

Pidato Shinzo Abe di Bursa Efek New York Rabu waktu setempat --yang juga menyebut banyak hal, dari hot dog dan sushi sampai baseball dan band heavy metal Metallica-- berulang kali menyebut sosok anti-hero dalam film "Wall Street" yang diproduksi tahun 1987.

"Hari ini, saya mesti bilang pada Anda bahwa Jepang sekali lagi kembali menjadi negara di mana uang diciptakan, dan seperti omongan Gordon Gekko saat kembali ke dunia finansial...maka kami pun kini bisa berkata  Japan is Back (Jepang telah kembali)," kata Abe.

Film besutan sutradara Oliver Stone itu menggambarkan Gekko sebagai penjarah perusahaan yang akhirnya dipenjara karena melakukan insider trading dan pelanggaran sekuritas lainnya. Kutipannya yang terkenal "greed...is good" (serakah itu bagus), menjadi populer di era 1980-an.

Aktor Michael Douglas yang mendapatkan Oscar gara-gara peran itu, kembali membintangi sekuel keduanya ang dirilis pada 2010 dalam judul "Wall Street: Money Never Sleeps" yang mengisahkan pembebasan Gekko dari penjara dan penebusan atas kesalahannya.

"Apa yang paling ingin perdana menteri katakan adalah 'Japan is Back' (Jepang memang sudah kembali). Dan dalam sekuel itu (sekuel kedua), bukankah Gordon Gekko telah bertobat?" kata juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga kepada wartawan.

Suga menjawab pertanyaan mengenai mengapa pemimpin Jepang mengutipkan seorang tokoh kriminal dalam film sebagai inspirasinya untuk kebijakan yang ditujukan menghidupkan lagi ekonomi negara itu yang lama didera kelesuan.

Abe menegaskan bahwa sekuel pertama film itu menggambarkan Jepang sebagai mesin ekonomi, sedangkan pada sekuel kedua para investor yang muncul berasal dari China, sedangkan Jepang sama sekali tak terlihat seolah menggambarkan dua dekade melesunya ekonomi Jepang.

Pidato sang perdana menteri yang disampaikan menjelang kehadirannya pada Majelis Umum PBB itu menunjuk harapan bahwa suata saat nanti gerai-gerai sushi memadati kota New York di samping gerai-gerai hot dog yang terkenal di kota ini, dan hal itu melambangkan bangkitnya lagi Jepang.

Bintang New York Yankees asal Jepang Ichiro Suzuki dan kereta supercepat nan efisien Jepang juga disebut-sebut dalam pidato Abe yang diakhirinya dengan satu petikan dari lirik lagu Metallica, "Enter Sandman".

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013