Ada pemintaan khusus, kita berikan
Denpasar (ANTARA News) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan memberikan pengamanan khusus kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Negara Asia Pasifik (KTT APEC) di Nusa Dua, Bali.

"Pasti ada (pengamanan khusus). Ada pemintaan khusus, kita berikan," ujar Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko usai memimpin apel gabungan TNI/Polri pasukan pengamanan KTT APEC di Denpasar, Kamis.

Namun, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu tidak menyebutkan secara rinci seperti apa pengamanan khusus yang akan diberikan kepada orang nomor satu di Amerika Serikat itu.

Ia hanya menjelaskan secara singkat bahwa standar prosedur telah ditetapkan dalam rangka pengamanan Presiden Obama saat menghadiri KTT APEC.

"SOP (standard operating procedure) sudah ada. Pasti ada hal-hal yang menjadi perhatian kami," ucap jenderal kelahiran Kediri, Jawa Timur, 8 Juli 1957 itu.

Panglima menyatakan, pihaknya telah melakukan kesepakatan dengan pihak pengamanan Amerika Serikat terkait pengamanan kepada presiden yang pernah tinggal di Indonesia tersebut.

Dalam setiap kunjungan kenegaraannya, pihak keamanan Amerika Serikat selalu menempatkan sistem pengamanan yang super ketat terhadap pemimpin negaranya.

Dijadwalkan selama menghadiri KTT APEC di Nusa Dua, Bali, rombongan Presiden Obama akan membawa dua pesawat khusus kepresidenan, salah satunya pesawat khas "Air Force One".

Bahkan pemerintah AS sendiri telah memesan dua lahan parkir khusus di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

Obama dijadwalkan turut menghadiri konferensi internasional tersebut bersama dengan 20 pemimpin dunia dari 21 negara APEC yang rencananya hadir di antaranya Presiden China Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, serta Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono selaku tuan rumah.

Pewarta: Dewa K. Sudiarta Wiguna
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013