Vientiane (ANTARA) - Pasukan keamanan Laos dan Thailand akan meningkatkan kerja sama keamanan perbatasan untuk mengurangi aktivitas kriminal di garis batas kedua negara.

Sebuah pertemuan subkomite kerja sama untuk menjaga perdamaian dan ketertiban di sepanjang perbatasan Laos-Thailand telah digelar di Provinsi Luang Prabang, Laos Utara, pada 13-16 Februari, menurut laporan Lao Army Television pada Selasa (20/2).

Para peserta pertemuan meninjau hasil kerja sama dalam operasi pemeliharaan perdamaian di perbatasan dan hubungan kerja sama secara umum antara Laos dan Thailand.

Pasukan keamanan Laos dan Thailand merasa senang karena hubungan dan kerja sama antara kedua negara telah mengalami kemajuan berdasarkan kesetaraan dan keuntungan bersama, sehingga memungkinkan kedua belah pihak untuk menyelesaikan berbagai masalah dan meningkatkan stabilitas di wilayah perbatasan, berdasarkan laporan itu.

Kedua belah pihak sepakat untuk semakin memperkuat kerja sama persahabatan, berbagi lebih banyak informasi, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan hukum di masing-masing negara.

Kedua negara juga sepakat untuk memperkuat penegakan hukum di area perbatasan guna mencegah imigrasi ilegal dan memerangi perdagangan manusia, perdagangan narkoba, serta penyelundupan.

Selain itu, kedua belah pihak juga sepakat untuk bekerja sama dengan otoritas setempat guna memberikan edukasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan tentang undang-undang yang berkaitan dengan penyeberangan perbatasan serta aktivitas terlarang, menurut laporan tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024