Sorong (ANTARA) - Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua merumuskan strategi transformasi untuk penerapan Badan Layanan Umum (BLU) melalui penganggaran berbasis kinerja berdasarkan kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi, kualitas dan dampak positif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan pasar.

Rektor Uncen, Oscar Oswald Wambrauw di Sorong, Rabu, menjelaskan rapat kerja ini bertujuan untuk merumuskan strategi transformasi Uncen sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) yang produktif melalui penganggaran berbasis kinerja berdasarkan pada kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi, kualitas dan dampak positif Uncen dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan pasar.

"Uncen telah bertransformasi dari satuan kerja menjadi PTN-BLU, sehingga membutuhkan ikhtiar transformasi yang berkelanjutan dalam berbagai aspek," katanya pada pembukaan rapat kerja Uncen di Kota Sorong.

Baca juga: Gubernur PBD: Uncen harus jadi 'payung' bagi perguruan lain di Papua

Rencana transformasi itu mempunyai empat hal penting yang harus dibahas. Pertama, menyangkut pengembangan kultur kinerja dengan membangun budaya kerja yang mengedepankan pencapaian hasil dan inovasi sebagai aspek utama dalam setiap aktivitas akademik dan administrasi.

Aspek kedua, penguatan riset dan inovasi, yaitu mendorong penelitian dan pengembangan berbagai basis untuk inovasi yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. "Sedangkan rencana transformasi ketiga adalah pengembangan kerja sama dengan industri," bebernya.

Artinya, kata dia, Uncen harus membangun kemitraan yang kuat dengan sektor industri untuk mendukung transfer teknologi dan peningkatan kompetensi tenaga kerja.

Rencana transformasi keempat adalah penyusunan anggaran berbasis kinerja. Sudah menjadi kewajiban untuk merumuskan anggaran dengan mempertimbangkan target kinerja yang spesifik dan relevan dengan misi Uncen sebagai perguruan tinggi yang produktif.

"Semua ini harus kita lakukan dengan langkah-langkah strategis untuk implementasi. Pertama adalah penyusunan rencana strategis yang mencakup tujuan, indikator kinerja dan strategi implementasi dan transformasi," ujarnya.

Baca juga: Ilmuwan Uncen mengajak generasi muda Papua jangan malu berwirausaha

Baca juga: Pengamat Ekonomi Uncen dorong noken jadi cenderamata KTT ASEAN


Kemudian, pelatihan dan mengembangkan sumber daya manusia dengan mengadakan pelatihan untuk staf dan dosen Universitas Cendrawasih agar mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip penganggaran berbasis kinerja dengan meningkatkan kemampuan dalam bidang penelitian dan inovasi.

Ketiga, pengukuran dan evaluasi kinerja, dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap capaian kinerja Universitas Cendrawasih sebagai dasar untuk perbaikan dan penyesuaian strategi.

Rapat kerja Uncen yang dibuka secara resmi oleh Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Prof Tjitjik Sri Tjahjandarie dihadiri Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad, Rektor Uncen, Ketua Senat, Balthasar Kambuaya dan seluruh dosen Uncen beserta staf.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024