pemadaman api memakan waktu kurang lebih satu jam
Natuna (ANTARA) -
Personel Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau memadamkan api yang membakar sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sebayar di Kecamatan Bunguran Timur.
 
Kepala Disdamkar Kabupaten Natuna, Syawal saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Rabu mengatakan kebakaran diperkirakan terjadi pada pukul 15.50 WIB.
 
"Proses pemadaman api memakan waktu kurang lebih satu jam," katanya.
 
Ia menjelaskan, saat tim tiba di lokasi, api sudah besar dan jika terlambat ditangani, api bisa membakar seluruh sampah dan tumbuhan di TPA tersebut.
 
"Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, pasalnya api bisa segera diatasi," ujar dia.

Baca juga: Kebakaran di TPA sampah menimbulkan pelepasan zat beracun
Baca juga: Pemkab Karawang kerahkan enam ekskavator ke area TPA yang terbakar 
 
Ia menyebut pihaknya menurunkan satu unit mobil pemadam dengan tujuh personil. "Tidak ada kendala dalam proses pemadaman pasalnya lokasi api mudah dijangkau," katanya.
 
Sementara, penjaga TPS Sebayar Bujang mengaku tidak tahu pasti penyebab kebakaran tersebut.
 
Menurut dia, saat mengetahui ada api, dia sempat mencoba untuk memadamkan api, namun tidak bisa, oleh karena itu dirinya melaporkan ke atasannya.
 
"Untung tim pemadam segera datang, soalnya api besar dan kalau dibiarkan akan membakar semua sampah dan makin sulit dikendalikan," ucap dia.
 
Ia menjelaskan, kebakaran diperkirakan terjadi pada pukul 15.50 WIB saat kondisi cuaca panas dan tiupan angin kencang sehingga api cepat membesar. 
 
 

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024