"Semoga kunjungan bapak Presiden ke Sulsel kali ini berjalan lancar dan aman. Tadi terlihat di sepanjang rute perjalanan, beliau (Presiden Jokowi) dari bandara ke hotel, ramai disambut oleh masyarakat Kota Makassar dalam suasana gembira,"
Makassar (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Selatan Inspektur Jenderal Andi Rian R Djajadi memastikan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di sejumlah titik berlangsung lancar dengan pengawalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai kepala negara.

"Semoga kunjungan bapak Presiden ke Sulsel kali ini berjalan lancar dan aman. Tadi terlihat di sepanjang rute perjalanan, beliau (Presiden Jokowi) dari bandara ke hotel, ramai disambut oleh masyarakat Kota Makassar dalam suasana gembira," kata kapolda di Makassar, Rabu.

Presiden RI Joko Widodo tiba di Base Operasi Bandara Lanud Sultan Hasanuddin (eks bandara lama) Kabupaten Maros, Sulsel sekitar pukul 17.30 Wita disambut Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmur, dan Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi sesaat turun dari pesawat kepresidenan Indonesia.

Selanjutnya, Presiden Jokowi beserta rombongan terbatas menuju ke Hotel Rinra di Jalan Tanjung Bunga Makassar untuk beristirahat sekaligus persiapan melaksanakan sejumlah kegiatan dalam kunjungan kerjanya di Kota Makassar, Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros pada Kamis, 22 Februari 2024.

Berdasarkan agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi selama di Sulsel, agenda pertama meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Metropolitan Invesment Project (Sistem Pengelolaan Air Limbah Terpadu Makassar), di Jalan Metro Tanjung Bunga.

Selanjutnya, direncanakan meresmikan jalan akses tol Makassar Menuju Makassar New Port sekaligus meresmikan Makassar New Port atau pelabuhan baru Makassar di Kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar,

Agenda berikutnya, menuju Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) untuk meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD). Usai santap siang, presiden dijadwalkan menghadiri acara Permodalan Nasional Madani (PNM) serta temu Nasabah Mekar Makassar beserta masyarakat setempat dengan estimasi 5.000 orang di Lapangan Palantikan, Kabupaten Maros.

Usai kegiatan, presiden beserta rombongan kemudian menuju ke Gudang Perum Bulog di Batangase dalam rangka pengecekan stok beras sekaligus pemberian bantuan pangan kepada masyarakat sekitar di Kabupaten Maros. Selanjutnya menuju Base Operasi Bandara Lanud Sultan Hasanuddin untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Provinsi Sulsel, Andi Winarno Eka Putra mengatakan selama kunker Presiden Jokowi akan didampingi Pj Gubenur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Bapak Gubernur akan mendampingi Pak Presiden selama kunjungan kerjanya di Sulsel," kata Andi Winarno melalui siaran persnya.

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024