Makassar (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, menurunkan sebanyak 143 polisi wanita (polwan) untuk menjaga keamanan dan ketertiban pusat-pusat perbelanjaan di Makassar, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kapolda Sulsel di Makassar, Rabu, menjelaskan, terdapat perubahan pola pengamanan tahun ini. Khususnya untuk mengamankan pusat-pusat perbelanjaan dan pusat kegiatan masyarakat.

Baca juga: Kapolri-Panglima cek personel karena arus mudik meningkat 56,4 persen

Ia menjelaskan, ratusan polwan akan disebar di 10 mal atau pusat perbelanjaan moderen di Makassar. Mereka akan berpatroli dan berbaur dengan masyarakat.

"Mulai tahun ini Polda Sulsel menugaskan polwan untuk melaksanakan pengamanan di tempat tersebut, ini ada perubahan pola, sebelumnya belum pernah," jelasnya saat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 di Lapangan Upacara Mapolda Sulsel, Rabu.

Terkait pelaksanaan apel siaga, Kapolda Sulsel sebagai Pemimpin Apel menyampaikan amanat Kapolri bahwa TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 hingga. 16 April 2024.

Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret hingga 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca-operasi tanggal 17 hingga 23 April 2024.

"Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H," ujar Kapolda Sulsel.

Baca juga: Pj Wali Kota Kediri ungkap pengamanan pemudik jadi prioritas 
Baca juga: Polda Babel siapkan 33 pos pelayanan mudik Idul Fitri
Baca juga: Operasi Ketupat 2024 di Sulsel libatkan 4.561 personel


Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024