Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Utara memberdayakan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah tersebut.

Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Agus Rizal di Jakarta, Rabu, mengatakan tugas dan fungsi Satkamling adalah ikut terlibat membantu Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) setempat.

"Itu pentingnya pos kamling dan budaya penggunaan kentongan dalam kegiatan Siskamling untuk memberikan informasi kepada masyarakat akan situasi yang terjadi," kata dia.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan kegiatan Peningkatan Kemampuan wilayah Kelurahan Semper Barat yang dihadiri oleh Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Selain itu Babinsa, Satpol PP dan para Ketua RW se-Kelurahan Semper Barat di Aula Kantor Kelurahan Semper Barat, Rabu (21/2).

Dia juga menyampaikan materi tentang Forum Kemitraan Polisi-Masyarakat (FKPM) dan Polisi Masyarakat (Polmas).

Baca juga: Kepolisian ingatkan peran Dai Kamtibmas untuk jaga kerukunan warga
Baca juga: Polisi ajak warga tetap jaga persatuan walau beda pilihan politik


Ia menjelaskan tentang pembuatan dan kelengkapan pos kamling (keamanan lingkungan) di wilayah serta Dasar hukum Satkamling berdasarkan Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tentang Satkamling.

Sekretaris Kelurahan Semper Barat, Joce Rizal
​​​​​​​menekankan pentingnya peran Satkamling dalam menjaga keamanan lingkungan.

Sedangkan Ketua FKDM Kelurahan Semper Barat, Arif Suhendar mengucapkan terima kasih kepada Polres Metro Jakarta Utara atas terselenggaranya kegiatan ini.

Dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan peran Satkamling dalam menjaga keamanan lingkungan di wilayah Semper Barat.

"Kegiatan Peningkatan Kemampuan Satkamling ini merupakan salah satu upaya Polres Metro Jakarta Utara untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya," kata dia.
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024