Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar Budaya Desa Wisata Pulau Untung, Kepulauan Seribu Selatan, pada Sabtu (24/2) yang diharapkan mampu menjadi ajang promosi budaya setempat.

"Kegiatan ini akan diisi berbagai aneka kuliner, budaya dan kesenian yang menjadi ciri khas Pulau Untung Jawa," Ketua Panitia Gelar Budaya Desa Wisata Pulau Untung Jawa, Rusli di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pulau Untung Jawa ke-70 dan menghadirkan berbagai acara menarik untuk dinikmati.

Kegiatan ini juga dalam rangka promosi Desa Wisata Pulau Untung Jawa mengenai budaya dan kearifan lokal yang banyak memiliki potensi pariwisata, terutama daya tarik wisata bahari.

"Baik potensi alam bahari dan bawah lautnya, wisata sejarah yang mungkin penduduk darat sana belum banyak mengetahui,” kata dia.

Baca juga: DFW: Wisata bahari berpotensi jadi penopang ekonomi biru di Jakarta
Baca juga: Bupati Kepulauan Seribu minta lurah buat taman wisata


Kegiatan Desa Wisata Budaya dipusatkan di Taman Milenial Pulau Untung Jawa yang menghadirkan acara tasyakuran dan doa bersama. Selain itu tengok kampung, tolak bala, bazar makanan tradisional, lomba-lomba, pentas seni dan hiburan masyarakat.

“Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kabupaten Kepulauan Seribu, melalui Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu serta Suku Dinas Kebudayaan Kepulauan Seribu,” katanya.

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi terkait sejarah Pulau Untung Jawa.

Menurut dia, perhelatan ini akan banyak mengandung unsur sejarah, seni dan budaya, yang perlu dilestarikan sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Untung Jawa.

"Ini tentu akan berdampak terhadap peningkatan penghasilan dan perekonomian masyarakat,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024