Untuk tahun ini, kami targetkan 3 juta kunjungan wisman melalui empat pintu masuk tersebut.
Tanjungpinang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan tema pariwisata untuk empat wilayah di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melalui terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1/2024.

Perpres tersebut mengatur tentang Rencana Induk Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, Tanjungpinang, dan Karimun yang diterbitkan pada tanggal 2 Januari 2024.

"Dalam perpres itu sudah diatur pembangunan pariwisata diarahkan berbasis keunggulan komparatif dan kompetitif di masing-masing wilayah," kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti, di Tanjungpinang, Rabu.

Guntur menyebutkan dalam perpres tersebut Presiden Jokowi telah menetapkan masing-masing tema wisata di empat kabupaten/kota, meliputi Batam, Bintan, Tanjungpinang, dan Karimun.

Untuk Batam, kata Guntur, tema wisatanya adalah belanja, pantai, resort, event, MICE, jasa kesehatan, dan heritage yang dalam hal ini di kawasan Camp Vietnam Pulau Galang.

Kemudian di Kabupaten Bintan, tema wisatanya adalah ekowisata, pantai, resort, wisata olahraga, event dan MICE.

Lalu, Kota Tanjungpinang tema wisatanya meliputi wisata heritage (Melayu dan Tiongkok), wisata budaya, wisata kuliner dan event.

"Terakhir Kabupaten Karimun, tema wisatanya menyasar wisata pantai dan heritage," ujar Guntur lagi.

Guntur meminta pemerintah daerah menyelaraskan rencana induk pembangunan pariwisata di daerah masing-masing dengan Perpres Nomor 1/2024, supaya tidak terjadi duplikasi dan tumpang tindih terkait arah kebijakan pengembangan pariwisata di lingkup wilayah BBK.

Ia berharap dengan terbitnya perpres itu, kegiatan pembangunan pariwisata di bumi "Segantang Lada" tersebut makin terukur dan terarah.

"Tujuannya tentu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara sebagai salah satu sumber devisa negara, khususnya pendapatan asli daerah (PAD)," ujar Guntur.

Dia menambahkan bahwa Batam, Bintan, Tanjungpinang, dan Karimun menjadi empat pintu masuk utama kunjungan wisman ke Kepri pada tahun 2023, yang mencapai 1,5 juta orang.

"Untuk tahun ini, kita targetkan 3 juta kunjungan wisman melalui empat pintu masuk tersebut," demikian Guntur.
Baca juga: Disbudpar siapkan 138 atraksi wisata guna gaet minat wisman ke Batam
Baca juga: Pemkot menyambut kunjungan perdana wisman 2024 asal Australia ke Batam

Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024