Agenda pariwisata tersebut digelar pemerintah daerah dan swasta, baik berskala lokal, nasional bahkan internasional.
Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Dispar Kepri) telah menyusun 295 agenda pariwisata dalam kalender wisata daerah tahun 2024 untuk menggaet kunjungan wisatawan dalam maupun luar negeri.

Kepala Dispar Kepri Guntur Sakti mengatakan agenda pariwisata yang telah disusun itu tersebar di tujuh kabupaten/kota setempat, meliputi Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, Natuna, dan Anambas.

"Agenda pariwisata tersebut digelar pemerintah daerah dan swasta, baik berskala lokal, nasional bahkan internasional," kata Guntur Sakti, di Tanjungpinang, Senin.

Guntur menyebut dari total 295 agenda pariwisata tersebut, ada yang sudah terjadwal lengkap dengan tanggal pelaksanaan, dan ada sebagian yang sudah terjadwal tapi belum dilengkapi tanggal pelaksanaannya.

Menurutnya, untuk agenda pariwisata bertaraf internasional yang digelar pihak swasta rata-rata sudah terjadwal secara pasti, karena mereka harus menggaet partisipan dari sekarang. Misalnya, ajang pariwisata Bintan Triathlon, Tour de Bintan, Bintan KasmaRun, dan Bintan Carnival di akhir tahun 2024 di kawasan wisata internasional Lagoi, Kabupaten Bintan.

Kemudian, ada juga agenda wisata internasional Tour de Batam dan Batam Triathlon yang dipusatkan di Kota Batam.

"Kalau agenda wisata yang digelar pemerintah daerah rata-rata memang belum terjadwal pasti, karena menyesuaikan dengan kemampuan anggaran," ujar Guntur.

Guntur melanjutkan Dispar Kepri memberi dukungan penuh kepada penyelenggara agenda pariwisata yang digelar pemerintah kabupaten/kota maupun swasta.

Dukungan yang diberikan tidak dalam bentuk uang, melainkan dari segi produksi, promosi, talent (penari), hingga makan minum (dinner).

"Tujuannya untuk meringankan beban penyelenggara agenda wisata," ujar Guntur.

Guntur optimistis sebanyak 295 agenda pariwisata tahun ini mampu mendongkrak target jumlah kunjungan wisman mencapai tiga juta orang. Angka itu lebih tinggi dibanding jumlah kunjungan wisman tahun 2023 yang mencapai 1,5 juta orang.
Baca juga: Disbudpar siapkan 138 atraksi wisata guna gaet minat wisman ke Batam
Baca juga: Presiden Jokowi tetapkan tema wisata empat wilayah di Kepri

Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024