Jakarta (ANTARA) - Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menilai tim masih perlu meningkatkan performa motor Yamaha M1 agar bisa tampil lebih kompetitif untuk menghadapi balapan pembuka MotoGP 2024, bulan depan.

Menurut Quartararo, hasil yang ia catatatkan pada uji coba pramusim di Qatar, beberapa waktu lalu, masih belum maksimal dengan ia finis di posisi ke-14 pada klasemen gabungan tes selama dua hari.

“Kami tidak membuat banyak kemajuan, namun kondisi di lintasan lebih baik. Kami masih punya ruang untuk melakukan perbaikan, namun kami perlu meningkatkan cengkeraman dan mengurangi degradasi ban,” kata Quartararo, dikutip dari keterangan resmi tim, Kamis.

Meski ia tak menampik ada beberapa peningkatan jika dibandingkan dengan uji coba pramusim kedua yang digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pembalap asal Prancis itu menilai ia dan tim harus bekerja lebih keras lagi agar performanya bisa maksimal di balapan utama nanti.

“Saya pikir kami memerlukan lebih banyak waktu dan lebih banyak tes untuk melihat potensi penuh dari motor kami. Namun, saya sangat percaya pada proyek ini,” kata Quartararo.

“Saya merasa Yamaha sedang melakukan yang terbaik. Saya tidak terlalu memikirkan hal yang terlalu jauh, saya hanya ingin fokus pada peningkatan motor kami,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Repsol Honda hadirkan pembaruan desain dan teknis untuk MotoGP 2024

Sependapat, rekan satu timnya, Alex Rins, mengatakan ia telah merasakan adanya peningkatan di sisi mesin, dengan motor melaju kencang dan kuat di lintasan lurus.

Dengan pengaturan yang ditingkatkan, Rins berharap motor tim pabrikan ini bisa membantunya bersaing dengan para pembalap top di barisan depan.

“Jika kami ingin memperjuangkan kemenangan, maka kami perlu bekerja lebih keras lagi. Tapi menurut saya cara kerja kami sudah benar, jadi kami siap memulai musim 2024,” ujar Rins.

Direktur Tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli menambahkan, peningkatan terlihat dari sisi kecepatan, dimana tim mampu mencatatkan waktu tercepat lebih baik daripada saat mereka melakukan tes di Sepang.

“Kami cukup puas, karena semua material baru yang kami perkenalkan tahun ini memberikan peningkatan performa. Seringkali komentar kedua pembalap kami cocok, dan sangat penting untuk membuat kami bekerja ke arah yang sama,” kata Meregalli.

“Tapi kami masih punya pekerjaan yang harus diselesaikan. Kesenjangan dengan pesaing kita masih penting, dan saya berharap kami bisa semakin dekat,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Quartararo dan Rins yakin capai performa terbaik dalam MotoGP 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024