Riyadh (ANTARA) - Arab Saudi pada Selasa (20/2) meluncurkan Pusat Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk Media, dan Kamp Masa Depan AI Generatif untuk Media.

Keduanya diluncurkan oleh Menteri Media Arab Saudi Salman bin Yousef Al-Dosari bersama Presiden Otoritas Data dan AI Arab Saudi Abdullah bin Sharaf Alghamdi dalam pembukaan Forum Media Arab Saudi (Saudi Media Forum).

Peluncuran ini bertujuan untuk memprediksi perkembangan AI di masa depan dan berbagai penerapannya di media guna menunjang tujuan negara kerajaan itu menjadi negara terdepan di bidang ini serta memberikan dukungan teknologi tinggi demi memperkuat kemampuan media Arab Saudi.

Industri media Arab Saudi menyumbang 3,87 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.658) untuk PDB negara kerajaan itu pada 2023, kata Salman bin Yousef Al-Dosari dalam forum tersebut.

Dia menekankan investasi sektor industri tersebut dalam sumber daya manusia, yang menghasilkan 56.000 kesempatan kerja tahun lalu  diperkirakan akan mencapai 67.000 kesempatan kerja pada 2024.

 
Masyarakat mengunjungi Pameran Masa Depan Media di Riyadh, Arab Saudi, 19 Februari 2024. Pameran Masa Depan Media dimulai pada hari Senin (19/2) sebagai salah satu pameran media khusus terbesar di Timur Tengah, yang menampung lebih dari 200 perusahaan lokal dan internasional selama tiga tahun. hari. Pameran itu menampilkan aspek teknis, kreatif, dan inovatif terkini di semua bidang media. (ANTARA/Xinhua/Wang Haizhou)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024