Pencegahan itu menjadi penting sejauh mana komitmen kita bersama untuk memberikan perlindungan terhadap perempuan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam upaya melindungi perempuan dan anak dari segala bentuk kekerasan.

"Jika tidak didukung stakeholder maka hasil yang didapat tidak akan bisa maksimal. Semua stakeholder harus punya komitmen untuk memberikan kepentingan yang terbaik kepada perempuan dan anak," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Kamis.

Baca juga: KemenPPPA ajak masyarakat yang mengetahui kasus kekerasan berani lapor

Menurut Bintang Puspayoga, upaya pencegahan harus dikuatkan dalam mengentaskan isu kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Kita harus mulai menyelesaikan permasalahan ini dari hulunya. Pencegahan itu menjadi penting sejauh mana komitmen kita bersama untuk memberikan perlindungan terhadap perempuan," katanya.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengunjungi dan memberi dukungan moral kepada anak-anak korban pelecehan seksual di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Baca juga: Cegah kekerasan seksual, Menteri Bintang: Sosialisasikan terus UU TPSK

Dia mengatakan, kasus pelecehan seksual anak ini harus menjadi perhatian dan pembelajaran bagi seluruh pihak.

KemenPPPA telah berkoordinasi dengan Unit Pelayanan Terpadu Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Provinsi Jawa Timur dan UPTD PPA Kabupaten Jember untuk memastikan penanganan bagi anak-anak korban kekerasan seksual.

"Saat ini, korban telah menjalani visum secara fisik dan psikologis, dan akan kami terus pastikan pemenuhan dan perlindungan hak korban, baik dari sisi hukum maupun kesehatan. Ini bukan hanya menjadi tanggung jawab orang tua dan keluarga, tetapi juga negara," kata Bintang Puspayoga.

Baca juga: Komnas: Kekerasan PRT semakin tinggi, proses hukum banyak pengecualian

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024