Penetapan status tanggap darurat bencana angin puting beliung tersebut dapat diperpanjang sesuai kebutuhan situasi di lapangan
Kabupaten Sumedang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, Jawa Barat, menetapkan status tanggap darurat bencana angin puting beliung yang terjadi, Rabu (21/2), hingga mengakibatkan sebanyak 191 bangunan mengalami kerusakan.

Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman mengatakan, penetapan status ini karena telah terjadi kerusakan berat dampak bencana puting beliung di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung.

Baca juga: BPBD Bandung siapkan tenda bagi pengungsi korban terdampak puting beliung

“Surat Keputusan Nomor Nomor 215 Tahun 2024 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Alam Angin Puting Beliung selama tujuh hari terhitung sejak tanggal 22 sampai dengan tanggal 29 Februari 2024,” kata Herman di Kabupaten Sumedang, Kamis.

Herman menyatakan, penetapan status tanggap darurat bencana angin puting beliung tersebut dapat diperpanjang sesuai kebutuhan situasi di lapangan.

Ia menambahkan, pada saat kejadian yang terjadi pada Rabu (21/2) pukul 16.00 WIB, ratusan atap rumah dan pabrik tersapu angin puting beliung. Bahkan pohon-pohon di di dua kecamatan tersebut tumbang akibat kejadian ini.

"Dampaknya luar biasa. Pertama kalinya ada angin puting beliung sebesar ini,” kata dia.

Baca juga: Petugas gabungan bersihkan material dampak puting beliung di Bandung

Meskipun tidak menyebabkan korban jiwa dalam musibah bencana alam angin puting beliung di wilayah tersebut, terdata sebanyak 191 bangunan mengalami kerusakan.

“Ada dua desa yang terdampak cukup berat, di Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung sebanyak 113 bangunan rusak ringan dan 10 rusak sedang dan Desa Sayang Kecamatan Jatinangor 67 bangunan rusak ringan dan 1 rusak sedang," katanya.

Lebih lanjut, Herman menyampaikan fokus Pemkab Sumedang saat ini adalah memastikan kebutuhan dasar warga terdampak terpenuhi serta rumah yang rusak segera dapat direhabilitasi.

"Untuk warga kami pastikan bisa berlindung di tenda yang sudah kami bangun. Untuk kebutuhan pokoknya terutama makan kami sudah siapkan juga kelengkapan, dukungan kesehatan dan keamanan. Insyallah rumah warga, kami akan secepatnya rehabilitasi," katanya.

Baca juga: BPBD Jabar : 534 bangunan terdampak puting beliung di Sumedang-Bandung

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024