Petrokimia Gresik dinilai Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri mampu menjadi role model bagi industri lain
Jakarta (ANTARA) - Produsen pupuk Petrokimia Gresik menerima anugerah National Lighthouse Industri 4.0 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang dinilai berhasil menjalankan program transformasi industri 4.0.

Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik Robby Setiabudi Madjid menyatakan capaian tersebut menjadi bukti jika program transformasi industri 4.0 yang dijalankan perusahaan semakin baik dibandingkan sebelumnya yang baru memperoleh Champion INDI 4.0.

"Petrokimia Gresik dinilai Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri mampu menjadi role model bagi industri lain dalam journey transformasi dan implementasi industri 4.0 yang memberikan manfaat pada aspek finansial, operasional dan teknologi," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan, untuk mendukung keberhasilan transformasi industri 4.0, perusahaan memiliki wadah bagi karyawan yang ingin mengusulkan terobosan atau inovasi melalui Rumah Transformasi.

Baca juga: Petrokimia Gresik bagikan kupon potongan pembelian pupuk untuk petani

Baca juga: Petrokimia Gresik targetkan Program Makmur jangkau 132 ribu hektare


Setiap karyawan yang memiliki ide transformasi industri 4.0 atau inovasi apapun, lanjutnya, dapat dioptimalkan maupun direalisasikan melalui Rumah Transformasi.

Robby menyatakan pelaksanaan dari transformasi industri 4.0 memberikan dampak positif terhadap finansial maupun operasional.

Dari sisi pendapatan perusahaan terdapat peningkatan menjadi Rp26,6 triliun pada 2020, kemudian Rp28,9 triliun pada 2021 dan Rp39,4 triliun pada 2022.

"Tren yang sama juga diikuti oleh capaian laba bersih perusahaan, total kuantum produksi pupuk maupun non pupuk. Selain itu produktivitas karyawan juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun," katanya.

Sementara itu, program yang dijalankan Petrokimia Gresik dalam transformasi industri 4.0 di antaranya aplikasi Projection Excelence (PIXEL) yang dapat memproyeksikan harga pokok produksi dan total biaya perusahaan secara simultan serta dapat melakukan formulasi perhitungan secara efektif dan efisien.

Berikutnya, Internal Supply Chain Excellence yang merupakan program digital supply chain transformation dengan menciptakan beberapa aplikasi terintegrasi seperti Petroport, WMS, 2CE dan DTMS mulai dari proses unloading bahan baku dari kapal di pelabuhan, pengiriman ke gudang dan pabrik, hingga menjadi produk siap jual.

"Beberapa aplikasi yang telah diimplementasikan juga diadopsi oleh perusahaan lain di Pupuk Indonesia Group, karena melihat dari manfaatnya yang dapat dirasakan jika diterapkan di perusahaan lain," katanya.

National Lighthouse Industri 4.0 merupakan salah satu kegiatan Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kemenperin untuk mendorong perusahaan bertransformasi menjadi industri 4.0.

Penghargaan National Lighthouse Industri 4.0 diserahkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Robby Setiabudi Madjid pada 21 Februari 2024.

Selain Petrokimia Gresik, Pupuk Indonesia dan Pupuk Sriwidjaja Palembang juga mendapatkan penghargaan National Lighthouse Industri 4.0.

Baca juga: Petrokimia Gresik: Stok pupuk cukupi kebutuhan petani Majalengka

Baca juga: Petrokimia Gresik komitmen tingkatkan standard pengelolaan lingkungan

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024