....semakin baik pengelolaan lingkungan hidup sebuah perusahaan, maka semakin banyak dampak positif yang bisa diberikan maupun didapatkan.
Jakarta (ANTARA) - PT Petrokimia Gresik menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan standardisasi dalam pengelolaan lingkungan setelah untuk ketiga kali memperoleh penghargaan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menyatakan Proper Emas merupakan penghargaan tertinggi di bidang pengelolaan lingkungan dari KLKH, namun upaya pengelolaan lingkungan bukan berarti lantas berhenti.

"Komitmen ini harus terus ditingkatkan, karena semakin baik pengelolaan lingkungan hidup sebuah perusahaan, maka semakin banyak dampak positif yang bisa diberikan maupun didapatkan," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pertamina Hulu Energi boyong 12 predikat PROPER Emas

Tahun ini Petrokimia Gresik, anggota holding Pupuk Indonesia kembali meraih penghargaan Proper Emas yang merupakan penghargaan tertinggi dari KLHK dalam pengelolaan lingkungan. Secara simbolis penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin di Jakarta, Rabu (20/12).

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan atau Proper dengan kategori EMAS ini merupakan yang ketiga diraih Petrokimia Gresik selama tiga tahun berturut-turut sejak 2021.

Dwi Satriyo menambahkan Proper mendorong setiap aktivitas bisnis tidak sekadar pemenuhan ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup, tapi juga menjadi platform bagi praktik bisnis berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. .

"Pencapaian Proper Emas ini menjadi bukti 
 pengembangan perusahaan selaras dengan kelestarian lingkungan sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Petrokimia Gresik klaim minimalisasi emisi karbon 1,2 juta ton setahun

Salah satu program andalan Petrokimia Gresik yang juga mendukung perusahaan memperoleh Proper Emas yakni program Community Development (Comdev) Lingkungan Peternakan Sapi Terintegrasi (Literasi) yang ada di Desa Sumbersari, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Program yang bertransformasi menjadi Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) ini terbukti membawa kesejahteraan anggota dan berdampak positif bagi pelestarian lingkungan serta memberikan manfaat dan menginspirasi stakeholder pertanian maupun peternakan.

Program ini sejak awal difokuskan pada peningkatan kapasitas pengelolaan ternak, penciptaan produk olahan limbah ternak, pengembangan usaha kelompok, serta penguatan manajemen kelompok dan kini terus berkembang menjadi pusat pembelajaran.

Selain itu, tambahnya, Petrokimia Gresik juga memiliki sejumlah program untuk mewujudkan industri hijau antara lain melakukan efisiensi energi dengan sejumlah inovasi di pabrik dan pengelolaan limbah sesuai dengan peraturan yang dipersyaratkan Pemerintah.

Kemudian penghematan konsumsi air seperti pemanfaatan Neutralized Water Effluent Treatment I untuk Pabrik AlF3, Purified Gypsum I dan II.

Dwi Satriyo memastikan, capaian Proper Emas akan memotivasi seluruh insan Petrokimia Gresik  terus berinovasi menciptakan terobosan di bidang pengelolaan lingkungan sehingga masyarakat semakin merasakan manfaat dari keberadaan perusahaan.
 

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023