Ini untuk pertama kalinya Semen Padang berhasil meraih penghargaan Proper Emas dari KLHK
Padang (ANTARA) - PT Semen Padang berhasil meraih penghargaan peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup (Proper) Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Ini untuk pertama kalinya Semen Padang berhasil meraih penghargaan Proper Emas dari KLHK," kata Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar di Padang, Rabu.

Proper Emas merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah melalui KLHK bagi perusahaan yang melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang disyaratkan, dan melakukan upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan.

Ia menjelaskan, PT Semen Padang berhasil meraih Proper Emas karena dinilai memenuhi nilai ambang batas untuk sektor industri semen, dan menunjukkan konsistensi meraih peringkat proper hijau dua kali berturut-turut yakni 2021 dan 2022.

"Yang tidak kalah penting adalah program unggulan inovasi sosial yakni revitalisasi ikan bilis untuk mendukung konservasi di Danau Singkarak yang merupakan satu-satunya spesies ikan - mystacoleucus padangensis - di Danau Singkarak," kata Asri.

Dampak dari program ini antara lain PT Semen Padang memperoleh sertifikat hak paten terkait pemijahan ikan bilis dengan Nomor IDS000003926 tanggal 18 Juni 2021.

PT Semen Padang telah melepaskan 13 ribu ekor ikan bilis ke habitat aslinya di Danau Singkarak.

Kemudian adanya peningkatan hasil tangkapan nelayan Nagari (desa) Sumpur dari rata-rata tiga kilogram per hari menjadi tujuh kilogram per hari. Termasuk peningkatan pendapatan nelayan sebesar Rp4,5 juta setiap bulannya.

Sementara nilai laba sosial dari investasi (SROI) adalah 13,97 yang berarti dari Rp1 yang diinvestasikan, PT Semen Padang menghasilkan nilai dampak sebesar Rp13,97 bagi penerima manfaat.

Perusahaan semen tertua di Asia Tenggara tersebut telah mengikuti penilaian Proper sejak 2002.

Dari 2002 hingga 2015 perusahaan itu berhasil meraih Proper Biru. Kemudian, untuk pertama kali meraih Proper Hijau pada 2016.

Pada 2018, 2019, dan 2020 PT Semen Padang sempat turun ke Proper Biru. Namun, pada 2021 dan 2022 perusahaan di bawah naungan Kementerian BUMN tersebut kembali naik kelas meraih Proper Hijau.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023